Bagikan
RAYAKAN GOL: Striker Timnas Indonesia U-18, Amiruddin Bagus (kiri) merayakan golnya ke gawang Filipina. Di laga perdana Piala AFF U-18 ini, Timnas Indonesia menang telak 7-1. Foto: dok/pssi

HO CHI MINH– Timnas Indonesia U-18 berhasil meraih poin penuh pada laga perdananya melawan Filipina, dalam gelaran Piala AFF U-18, yang berlangsung di Stadion Binh Duong 2 Ho Chi Minh City, Vietnam, Selasa (6/8).

Di laga yang berlangsung dalam kondisi hujan deras itu, David Maulana dkk menang dengan skor 7-1. Tujuh gol itu masing-masing dihasilkan Amiruddin Bagus dan Mochamad Supriadi masing-masing dua gol. Tiga gol lain Garuda Nusantara dicetak Sutan Zico menit kedua, Muhammad Fajar Fathur Rahman (17). Kapten tim, David Maulana (41). Satu-satunya gol yang dicetak lawan, berasal dari Ambong menit 66.

Usai laga, pelatih Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini mengatakan senang dengan permainan anak-anak asuhnya. Apalagi sehari sebelumnya, para pemain sudah disuguhkan pemandangan kondisi lapangan yang kurang memadai.

Alhamdulillah kami bisa meraih tiga poin. Saya apresiasi perjuangan anak-anak. Setelah sehari sebelumnya mereka menunjukkan gestur tak nyaman melihat kondisi lapangan. Tapi tadi mereka memusnahkan semua itu dengan memperlihatkan semangat bertarung tanpa henti. Terutama gol cepat yang dicetak Zico. Itu terjadi melalui skema permainan yang kami inginkan, begitu juga dengan empat gol lainnya di babak pertama,” jelas Fakhri.

Diakui oleh dia, pada babak kedua dirinya melakukan sedikit perubahan dan mengganti beberapa pemainnya. Supriadi yang disimpan saat babak pertama, dimasukkan untuk menambah daya serang tim ini.

Tetap Evaluasi
“Babak kedua ada sedikit pergantian pemain, karena saya harus menyiasati kebugaran pemain di jadwal yang padat ini. Masuknya Supriadi, juga karena saya ingin tim ini bisa mencetak gol lebih banyak, dan itu terbukti,” kata mantan pelatih Timnas Indonesia U-16 tahun lalu itu.

Menurut Fakhri, kemenangan ini juga menjadi modal yang sangat bagus untuk Garuda Nusantara. “Bermain di pertandingan pertama dengan selisih gol yang banyak, tentu akan sangat membantu kami dalam mengarungi turnamen ini,” tukasnya.

Meski sudah menang tujuh gol, kemasukan satu gol menjadi catatan bagi Fakhri. “Tentu masih ada yang harus di evaluasi. Terutama satu gol ke gawang kami. Itu tidak akan terjadi kalau mereka tetap fokus dan konsentrasi di sepanjang pertandingan,” tukas dia.

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-18 akan menghadapi Timor Leste, di Stadion Binh Duong, pada Kamis (8/8), pukul 16.00 waktu setempat.

suarabaru.id/Riyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here