blank
BERI KETERANGAN: Pelatih PSIS Jafri Sastra didampingi Tegar Infantrie, saat memberikan keterangannya, usai timnya kalah 0-2 dari PS Tira Persikabo. Foto: dok/psis

MAGELANG- Tuan rumah PSIS (Semarang) gagal memanfaatkan keuntungannya sebagai tuan rumah, kala berhadapan dengan pimpinan klasemen sementara, PS Tira Persikabo. Pada laga pekan ke-12 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Moch Soebroto, Jumat (2/8), tim berjuluk Mahesa Jenar itu, harus takluk 0-2 dari sang tamu.

Usai laga, pelatih kepala PSIS, Jafri Sastra mengatakan, jika hasil buruk pada pertandingan itu merupakan tanggung jawab dirinya atas tim asuhannya. Jafri menuturkan, dengan hasil itu tidak perlu mencari kesalahan pada siapa pun.

“Pertandingan ini bisa dikatakan kami kalah segala-galanya. Tetapi yang terpenting, pemain tidak perlu saling menyalahkan. Ini tanggung jawab saya sebagai seorang pelatih,” kata Jafri, Jumat (2/8).

Pada laga itu Jafri menyayangkan tidak adanya gol yang tercipta dari pola serangan yang dibangun anak=anak asuhnya. Padahal Hari Nur Yulianto dkk membuat banyak peluang. “Kita tadi memiliki banyak peluang, tapi sayang peluang tidak terkonversi menjadi gol. Dalam sepakbola gol itu penting, karena itu hal yang menentukan menang atau kalah,” ucapnya.

Harus Fight
Saat menghadapi Tira Persikabo, ada perubahan susunan pemain. Shohei Matsunaga yang biasanya menjadi pemain cadangan, kali ini diturunkan menjadi starter. “Kalau Shohei itu tentu ada pertimbangannya. Alasannya berkaitan dengan strategi dan taktik yang tidak mungkin kami bagi untuk umum,” ujar pelatih berusia 54 tahun itu.

Sementara itu gelandang serang PSIS, Tegar Infantrie juga menyatakan hal senada. Pemain yang baru saja dipanggil Timnas U-22 itu juga tidak ingin mencari kambing hitam atas kekalahannya kali ini.

“Kami sudah tampil maksimal, hanya saja kemenangan belum ada di pihak kita. Bagaimana pun kita tidak bisa menyalahkan pemain atau pelatih. Kita harus fight lagi di pertandingan berikutnya. Semoga Allah mengizinkan kita meraih kemenangan di pertandingan berikutnya,” harap Fantrie.

Dengan hasil ini PSIS berada di posisi kesembilan dengan koleksi 14 poin. Sedangkan PS Tira Persikabo tetap ada di puncak klasemen sementara Shopee Liga 1 dengan raihan 26 poin.

suarabaru.id/Riyan