blank
Petugas jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Kedungtuban, Polres Blora, menyita minuman keras di dalam kemasan botol air mineral dari beberapa warung. (Foto: SB/Hms-Resbla)

BLORA – Kepolisian Resor (Polres) Blora, berupaya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, dengan menggelar Operasi Cipta Kondisi (OCK).

Untuk menindaklanjutinya, Kapolres AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto melalui Kabagops Kompol Zuwono, memerintahkan jajarannya melakukan OCK, salah satu sasarannya operasi minuman keras (miras).

“Demi menjaga kondusifitas selama Pilkades serentak, 16 Polsek jajaran kami instruksikan melakukan operasi miras,” tandasnya, Selasa (30/7/2019).

Sebagai bentuk tanggungjawab jajarannya, Kapolres memutuskan pelaksanaan OCK menjelang, selama, dan pasca Pilkades serentak hingga waktu yang tidak dibatasi.

“Tidak hanya miras, operasi juga menyasar narkoba dan obat-obatan terlarang lainya,” jelas Zuwono.

Sebagai realisasi atas instruksi Kapolres Blora, Polsek Kedungtuban dipimpin Kapolsek Iptu Suharto didampingi Kanit Reskrim Ipda Jaikun, melakukan Razia miras di beberapa warung dan tempat nongkrong.

Tempat Nongkrong

Selain di Kedungtuban, Kapolsek Jepon AKP Sudarno juga turun memimpin operasi dengan mengosek toko, warung, dan lokasi lainnya yang biasa digunakan nongkrong para pemuda untuk mencegah peredaran miras.

Kompol  Zuwono, mengapresiasi langkah Polsek dengan menyita barang butki (BB) miras, sebagai upaya memelihara kondusifitas dari kejahatan yang bersumber dari minuman keras.

Dijelaskan, dalam melakukan Operasi Cipta Kondisi, petugas mengawali melakukan pengawasan di sejumlah tempat yang diduga menjual miras.

Selain OCK, jajaranya diminta meningkatkan patroli di tempat-tempat yang rawan tindak kejahatan, tujuannya untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat.

Tinggal hitungan hari, Pemkab akan menggelar Pilkades serentak di 241 desa, dan diakuinya pesta demokrasi tingkat desa berpotensi memunculkan gejolak sosial.

“Makanya, kami bersinergi dengan TNI, dan para pihak untuk memelihara wilayah Blora tetap aman dan kondusif,” tambah Kompol Zuwono

Diakuinya, Pilakades serentak memang banyak menguras energi para pihak, termasuk Polri dalam mengamankan wilayah, tujuaunnya agar Pilkades serentak tidak diwarnai dengan tindak kejahatan dampak dari miras.

Suarabaru.id/Wahono