Bagikan

SEMARANG- Qur’an Learning Center (QLC) Unissula mengadakan studi banding ke  Pusat Studi Qur’an (PSQ) dan Bayt Qur’an Ciputat (16-17/7). Kepala Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai Nilai Islam (LKPI) Dr Ghofar Shidiq MAg yang memimpin rombongan menyatakan Qur’an Learning Center Unissula terus berusaha belajar dari berbagai program yang diselenggarakan oleh PSQ dan mengimplementasikan berbagai program yang bisa diimplementasikan di kampus Unissula. Tindak lanjut studi banding yakni melaksanakan program kerjasama dibidang tafsir dengan mendatangkan para ahli tafsir dari kedua belah fihak.

Sementara itu ketua QLC Hidayatussholihah SpdI MPd MEd menyatakan kajian tafsir Qur’an sudah rutin diselenggarakan pada pekan kedua di masjid kampus, Abu Bakar Assegaf sejak beberapa tahun lalu. Dengan adanya kerjasama dengan PSQ Ciputat ia optimis akan semakin menyemarakkan dan memperkuat kwalitas kajian tafsir Qur’an di Unissula.

Harapannya program tafsir yang diperuntukkan bagi seluruh civitas academi unissula ini akan bisa menjadi program yang lebih berkualitas dan memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan pemahaman civitas academika terhadap Alqur’an. Diharapkan tahun depan program kerjasama ini akan berhasil direalisasikan.

Selain itu, para mahasiswa hafidz Qur’an juga akan diberi kesempatan untuk nyantri tafsir selama dua pekan di Bayt Qur’an sehingga mereka tidak hanya hafal namun juga dapat  meningkatkan pemahamannya terhadap Qur’an.

“Di lajnah pentashihan Alqur’an, kita juga belajar banyak hal terkait dengan proses pentashihan Alqur’an yang ternyata cukup rumit dan panjang namun sangat menarik karena ada berbagai tantangan dalam pentashihan yang benar sehingga Qur’an yang beredar dari segi redaksi dan terjemahnya bisa dipahami dengan baik oleh masyarakat” Ungkap Hidayatussholihah./suarabaru.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here