blank
Sebelum berangkat ke SPN Purwokerto, sebanyak 49 calon siswa Bintara Polri asal Blora mendapat bekal arahan dan motivasi dari Kabag Sumda, Kompol Dr. Rubiyanto. (Foto : SB/Wahono)

BLORA – Polres Blora memberi pembekalan khusus kepada 49 calon siswa (casis) Bintara Polri. Dalam pembekalan tersebut, casis diberi arahan dan motivasi, sebelum mereka menjalani pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN).

“Sebelum menjalani pendidikan di SPN, mereka kami beri arahan dan motivasi,” jelas Kapolres Blora AKBP Antonius Anang melalui Kabag Sumda Polres setempat, Kompol Rubiyanto, Selasa (13/7/2019).

Menurutnya, motivasi dan arahan perlu diberikan, sebagai bekal dalam menempuh pendidikan di SPN Purwokerto yang dimulai 1 Agustus 2019 mendatang. Acara pembekalan digelar di Mapolres Blora.

Selain itu, kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk monitor dan pengawasan terhadap calon siswa Bintara Polri, sembari menunggu pengumunan akhir atau masa jeda pengumuman ditingkat Polda Jateng.

Dijelaskan Kompol Rubiyanto, 49 orang casis yang mendapat pembekalan semuanya berasal dari Kabupaten Blora. Mereka adalah peserta seleksi penerimaan Bintara Polri 2019 yang lolos seleksi.

“Pembekalan kami berikan, sekaligus sebagai langkah pengawasan,” tandas Kabag Sumda Polres Blora.

Siap Mental

Dalam pembekalan, para casis Bintara Polri juga mendapat pelatihan mental kepribadian dari tim pesikologi Polres Blora, Aipda Dian Hari, berurutan satu persatu.

Tujuan dari  motivasi tersebut, agar mereka  siap mental menghadapi pungumuman akhir, dan siap mental menempuh pendidikan Polri selama tujuh bulan.

Dalam kesempatan itu, Kompol Rubiyanto berpesan, paca calon siswa jangan pernah patah semangat, dan  terus berjuang. Jika gagal, bangkit dan lawan kegagalanmun dan balaslah dengan keberhasilan.

Kabag Sumda berpesan, selama masa jeda calon siswa bintara Polri untuk menjaga kesehatan, dan jaga keselamatan diri, antara lain terjatuh dari motor atau lainnya.

Kepada mereka selain mendapat bimbingan mental meliputi psikologi dan rohani, juga memberikan pelatihan fisik, yakni olahraga, kedisiplinan dan peraturan baris berbaris (PBB).

Kompol Rubiyanto berharap, calon siswa Bintara Polri akan terbentuk sikap disiplin dan jasmani yang sehat, selanjutnya bila nanti dinyatakan lulus mereka siap menjalani pendidikan pembentukan Bintara Polri.

suarabaru.id/Wahono