Peringati Hari Anak, PT KAI Ajarkan Cinta KA Sejak Dini
(ist./hms)

AMBARAWA – Bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Nasional 2019 yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 4 (KAI Daop 4) Semarang menggelar lomba mewarnai dan naik kereta gratis di Museum KA Ambarawa, Selasa (23/7/2019).

Acara yang dikemas dengan mengambil tema Aku Anak Indonesia, Sehat, Kreatif, dan Berakhlak Mulia, diikuti oleh sebanyak 60 anak-anak TK yang berasal dari sekolah TK IT Assalam Ambarawa.

Lomba mewarnai dengan gambar perkeretaapian bertujuan untuk memberikan edukasi perkeretaapian bagi anak-anak. Serta untuk menanamkan rasa cinta dan kepedulian terhadap kereta api sejak usia dini.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan sejak dini dari mulai anak-anak untuk ikut mencintai kereta api bahwa kereta api milik bersama bukan hanya milik pegawai kereta api saja, sehingga nantinya bisa ikut menjaga semua hal yang berkaitan dengan kereta api.

Kepala PT KAI Daop 4 Semarang, M Nurul Huda mengatakan anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis dan mempunyai ciri maupun sifat khusus yang memerlukan perlindungan.

“Peranan dari keluarga, lingkungan tempat tinggal dan bermain, serta pendidikan yang didapat menjadi sangat penting karena akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak di masa mendatang. Semakin baik kualitas anak saat ini maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa,” katanya.

Usai mengikuti kegiatan lomba mewarnai, anak-anak diajak menaiki KA dari Stasiun Ambarawa menuju Stasiun Tuntang dengan menggunakan Kereta Wisata yang menggunakan Lokomotif Uap.

Yang unik dari kegiatan ini adalah peserta lomba mewarnai juga melakukan lomba fashion show di dalam rangkaian KA Wisata selama perjalanan dari Stasiun Ambarawa menuju Stasiun Tuntang.

Pada acara ini juga dimeriahkan dengan atraksi hiburan badut yang menambah keceriaan anak-anak selama mengikuti kegiatan berlangsung. Anak-anak peserta kegiatan tampak berwajah ceriah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dari pagi hingga siang hari ini. (suarabaru.id/hp)