blank
Bupati Grobogan Sri Sumarni memasangkan syal kepada sepasang calon jamaah haji yang hendak berangkat menunaikan ibadah haji 2019. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Sebanyak 1.081 calon jemaah haji berpamitan kepada Bupati Sri Sumarni, Senin (22/7) dalam acara Pamitan Jamaah Calon Haji di Pendopo Kabupaten Grobogan. Dalam kegiatan ini, hadir sejumlah tamu undangan diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Grobogan Agus Siswanto, Sekda Grobogan Moh Soemarsono, Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq, Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta, Kepala Kemenag Kanwil Grobogan Hidayat Maskur, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati berharap para calon jamaah haji ini dapat melaksanakan rukun wajib serta sunnah ibadah haji dengan sebaik-baiknya dan mendapat haji mabrur dan dapat menjaga kemambrurannya setelah kembali ke tanah air. Menurut Sri Sumarni, ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima ini menjadi salah satu ibadah yang memiliki kekhususan tersendiri yaitu ibadah yang diwajibkan sekali seumur hidup bagi setiap muslim atau muslimat yang mampu dan memenuhi persyaratan.

“Yang namanya rukun ibadah adalah sesuatu yang harus dilakukan, apabila tidak dilakukan, ibadah tersebut menjadi tidak sah. Contoh sholat. Jila salah satu rukunnya tidak dilaksanakan, rukuk misalnya, maka sholatnya menjadi tidak sah. Demikian juga rukun Islam, kelima harus dilakukan termasuk ibadah haji bagi yang mampu,” jelas Sri Sumarni.

Sri Sumarni menambahkan, seluruh calon jamaah haji patut bersyukur dapat menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut pada tahun ini. Hal tersebut dikarenakan tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji. Bahkan, saat ini antrian haji sampai dengan 23 tahun.

“Jadi kalau kita mendaftar sekarang, maka kita akan berangkat pada tahun 2042. Ini menunjukkan bahwa semakin banyak umat Islam yang telah merasa wajib untuk melaksanakan ibadah haji. Namun, karena kuota haji terbatas, maka terjadilah antrian yang panjang dalam pemberangkatannya. Pada musim haji tahun 2019 ini, sebanyak 1.081 calon jamaah haji Kabupaten Grobogan yang akan menjadi Tamu Allah di Baitullah,” tambah perempuan yang pernah menjabat sebagai ketua DPRD Kabupaten Grobogan tersebut.

blank
Perwakilan calon jamaah haji berfoto bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Grobogan. Foto: Hana Eswe.

Sri Sumarni mewakili jajaran Pemkab Grobogan berpesan agar para calon jamaah haji ini mempersiapkan diri untuk meningkatkan kesabaran dan menata atau meluruskan niat secara tulus ikhlas guna mendapatkan ridho dari Allah SWT. Di sisi lain, Sri Sumarni juga meminta kepada calon jamaah haji agar dapat membawa nama baik daerah yang telah dikenal sebagai bangsa yang santun, jaga persatuan dan tenggang rasa antarjamaah.

“Saya berpesan kepada bapak dan ibu untuk mempersiapkan diri dengan meningkatkan kesabaran dan menata atau meluruskan niat secara tulus ikhlas guna mendapat ridho dari Allah. Jangan sampai kita salah berniat dalam menunaikan ibadah haji ini. Jangan sampai kita hanya untuk mendapatkan status sosial dari masyarakat. Dengan segala kerendahan hati, saya juga memohon untuk didoakan agar masyarakat Kabupaten Grobogan senantiasa dalam rahmat dan ridho Allah Subhanahu Wata’ala,” tambah ibunda Indri Velawati ini.

suarabaru.id/Hana Eswe.