blank
Para siswa baru MA Al Mubarok dalam masa pengenalan lingkungan sekitar diajak membersihkan musala Annur, yang lokasinya tidak jauh dari sekolah mereka. Foto: Hana Eswe/ist.

GROBOGAN- Masa pengenalan lingkungan sekolah atau yang dikenal dengan MPLS pada tahun ajaran 2019/2020 juga diadakan di MA Al MubarokNgaringan. Tidak seperti sekolah lainnya, MA Al Mubarok ini justru menggunakan tema peduli lingkungan dalam pelaksanaannya.

Pada masa orientasi ini, para siswa baru diajak ikut serta dalam kegiatan bakti sosial yakni membersihkan musala Annur di Desa Ngaringan yang lokasinya tidak jauh dari sekolah mereka. Antusiasme 80 siswa baru ini terlihat saat mengerjakan “tugas” orientasi yang didampingi pengurus OSIS serta Wakil Kepala bidang Kesiswaan Evi Yulianti.

Tidak hanya membersihkan ruangan musala saja. Kegiatan ini juga dibarengi dengan pemberian bantuan alat-alat kebersihan kepada pengurus musala dengan harapan masyarakat secara berkala dapat membersihkan musala setiap hari.

Menurut Kepala MA Al Mubarok, Ahmad Muhtar, tujuan dari pengenalan lingkungan sekolah bertema peduli lingkungan dan sosial ini dapat membentuk karakter para siswa baru. Karakter tersebut lebih kepada karakter yang bersih hati dan pikiran.

“Jika mereka peduli pada kebersihan lingkungan sekitarnya, kami yakin para siswa baru ini akan terbentuk karakter yang bersih hati serta pikirannya. Ini juga sebagai bentuk pengenalan pada lingkungan sekitar,” ujarnya, Kamis (18/7).

Dapatkan Materi Penting

Selain melakukan kegiatan bersifat sosial, para siswa baru ini juga mendapatkan materi penting diantaranya materi dari Koramil Ngaringan dan Polsek Ngaringan serta Puskesmas Ngaringan dan BP3AKB. Materi tersebut antara lain mengenai wawasan kebangsaan, pencegahan pernikahan dini hingga bahaya narkoba telah diberikan dalam masa orientasi tersebut.

Muhtar menambahkan, masa orientasi merupakan momen yang tepat untuk memulai pembinaan karakter pada siswa. Menurutnya, para siswa merupakan generasi penerus bangsa dan calon-calon pemimpin masa depan. Karena itu, sudah saatnya dipersiapkan sejak dini supaya ke depannya ilmu yang mereka dapatkan berguna untuk orang lain.

suarabaru.id/Hana Eswe.