Bagikan
Sembilan seniwati menyedot perhatian para penonton.

Jepara – Duta seni Kabupaten Jepara keluar sebagai juara harapan II dalam lomba festival lagu daerah tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, dilaksanakan pada Kamis (18/7), di Wisma Perdamaian Semarang dan diikuti kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Dengan berbalut busana jawa khas pesisiran warna kuning terang, sembilan seniwati menyedot perhatian para penonton. Kasi Pengembangan dan Pelestarian Kesenian Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Hadi Prayitno mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk promosi pariwisata budaya Jepara di tingkat Jateng.

“Duta seni Jepara menampilkan lagu tari rondek dan kenyo manis dengan diiringi penari latar tarian rondek,” kata dia. Lagu dinyanyikan tiga orang penyanyi cantik dan enam orang penari dengan diiringi musik gamelan.

Terkait dengan perolehan prestasi tersebut, Hadi merasa bangga. Bagaimanapun juga para duta seni ini sudah bekerja keras menampilkan performa terbaiknya dan membawa nama harum kota Jepara tercinta.  Untuk tahun ini Kabupaten Sragen keluar sebagai juara pertama, disusul Kabupaten Banyumas. “Alhamdulilah, harus kita syukuri prestasi ini. Semoga kedepan bisa lebih baik lagi,” kata dia.

Bidang Kebudayaan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Joko Wicaksono mengatakan, festival lagu daerah ini sebagai salah satu bentuk pembangunan seni budaya dikalangan masyarakat secara berkesinambungan.

Selain itu untuk mendorong para seniman yang ada di daerah, untuk berkreasi dan mengembangkan budaya bangsa yang adiluhung. “Setiap daerah kabupaten/kota memiliki kekhasan masing-masing. Sangat menarik jika dapat ditampilkan secara bersamaan dan dinikmati oleh seluruh masyarakat,” kata dia. (Suarabaru.id/Hadi Priyanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here