blank
Belasan warga Desa Timbrangan, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, saat mengevakuasi korban.(Avian A)

REMBANG – Kejadian mengenaskan, Sukartono (89) warga Desa Timbrangan, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, ditemukan meninggal dalam kondisi seluruh tubuh gosong.

Kapolsek Gunem, Kompol Jarot Subiyantoro kepada suarabaru.id, Rabu (17/7), menjelaskan, awalnya korban pamit keluar rumah sekitar pukul 09.00 WIB. Namun hingga sore hari, korban tak kunjung pulang sehingga membuat keluarganya bingung dan diliputi rasa khawatir.

Rukmini, anak kandung korban, ikut mencari ayahnya dengan cara menyisir kawasan hutan jati rakyat di Desa Pasucen, namun masih berdekatan dengan desanya. Saat itulah Rukmini melihat sosok orang tergeletak dan seluruh tubuhnya menghitam akibat habis terbakar. Setelah didekati dan diamati, ternyata bapaknya sendiri.

“Saksi langsung minta tolong kepada warga terdekat, dan oleh warga peristiwa itu dilaporkan ke Polsek Gunem,” kata Jarot Subiantoro.

Atas laporan itu, pihaknya langsung menurunkan tim untuk melakukan penyidikan di tempat kejadian peristiwa (TKP). Setelah itu korban dibawa ke Puskesmas Gunem. Dari hasil pemeriksaan, baik di TKP maupun pemeriksaan tim medis, tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban.

Lalu akibat apa korban tewas? Jarot Subiyantoro menjelaskan, diperkirakan korban tewas akibat terbakar, karena di seluruh tubuhnya hangus dan beberapa bagian kulitnya terkelupas saat dievakuasi.

“Diperkirakan korban sedang membersihkan tegalan ladang miliknya. Mungkin api membesar akibat tiupan angin dan merambah ke hutan jati yang penuh semak belukarnya. Ada dugaan kuat korban terkepung api dan tidak bisa menyelamatkan diri,” terangnya.

Oleh pihak kepolisian setempat, menyimpulkan bahwa tewasnya Sukartono murni akibat kecelakaan. Karena itu, korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.(suarabaru.id/Avian A).