blank

Usai deklarasi bupati, camat dan para kades foto bersama Forkompincam Nguwar.(Foto:SB/Tuhu)

 

MUNTILAN – Warga desa di Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mendeklarasikan ODF (open defecation free) yakni tidak membuang hajat sembarangan, untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Tekad Ngluwar Bebas BAB (buang air besar) Sembarangan 2019 itu, disampaikan para kepala desa di depan Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP dan Camat Ngluwar Drs Kunto Rendradata,di Balai Desa Ngluwar, Selasa (16/7).

Menurut Kunto, jumlah penduduk Kecamatan Ngluwar 10.610 KK (kepala keluarga).  Sedangkan yang telah memiliki jamban keluarga 9.898 KK, atau masih 712 KK yang belum memiliki toilet di rumahnya.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengatakan,ODF akan berjalan atas dukungan camat dan kades yang memfasilitasi program itu. ”Tugas kita mewarisi alam dan lingkungan yang baik. Untuk itu hendaknya dijaga kelestariannya,” katanya.

Adapun deklarasi dimaksudkan untuk mewujudkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang hajat sembarangan. Masyarakat harus berkomitmen dan bekerja sama dalam mencapai ODF yang baik.

Pada kesempatan itu Bupati menyematkan pin dan menyerahkan sertifikat Bebas BAB Sembarangan 2019, kepada camat dan para kades se wilayah itu. (Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro)