Kapal Tabrak Crane di TPKS Tanjung Emas
(ist.)

SEMARANG – Sebuah kapal pengangkut container berbendera Panama, Minggu (14/7/2019) sore, sekira pukul 17.00 WIB menabrak 1 unit Container Crane (CC) di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) Pelabuhan Tanjung Emas.

Badan kapal petikemas MV Soul of Luck yang akan sandar di dermaga Internasional TPKS membentur crane nomor 3 yang berada di posisi paling ujung di dermaga pelabuhan hingga ambruk luluh lantak.

“Sesaat setelah kejadian segera dilakukan pengamanan area kejadian dalam radius beberapa meter, tim tanggap darurat/evakuasi melakukan investigasi dan evakuasi. Tidak ada kecelakaan kerja baik meninggal atau luka berat dalam peristiwa ini, dan mengenai crane yang rusak sudah diasuransikan,” kata VP Corporate Communication Pelindo III Wilis Aji Wiranata.

Lebih lanjut Aji mengatakan seluruh proses evakuasi berjalan lancar sesuai dengan SOP dan kontigensi plan, selain itu operasional bongkar muat di dermaga kembali berjalan normal, sehingga TPKS tetap bisa melayani para pengguna jasa logistik.

Dari pantauan SuaraBaru.id di lapangan, sekira 3 jam dari waktu kejadian, kerusakan akibat dari insiden tersebut berhasil diatasi oleh para petugas. Dua tambatan di dermaga kondisinya sudah dapat dioperasikan kembali.

Semua tim tanggap darurat dengan sigap terus melakukan pembenahan, seperti rekayasa traffic agar proses evakuasi tidak mengganggu. Harapannya besok pagi keseluruhan dermaga telah dapat dioperasikan dengan normal.

“Pelindo III menerapkan standar safety yang tinggi untuk seluruh terminalnya, termasuk Terminal Peti Kemas Semarang,” pungkas Aji. (suarabaru.id/hp)