Bagikan

Wabup Edi tunjukan kerupuk produk lokal Desa Krinjing. (Foto:SB/Tuhu)

 

BOROBUDUR – Pemkab Magelang, Jawa Tengah, mencanangkan Kampung KB secara bertahap di seluruh wilayah. Karena berkomitmen penuh mendukung program KKBPK (Kependudukan Keluara Berencana dan Pembangunan Keluarga).

“Melalui Kampung KB berbagai program kegiatan pemberdayaan dilaksanakan dengan fasilitasi antara lain kades,”kata Bupati Magelang dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wabup Edi Cahyana SE, pada peresmian Kampung KB Dusun Mangundadi, Desa Krinjing, Kecamatan Kajoran, Rabu (10/7).

Disebutkan, jumlah penduduk Kabupaten Magelang 1.283.405 jiwa, bisa diarahkan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas handal pada masa kini dan mendatang.

Menurut dia, untuk mewujudkan Generasi Emas 2045, diperlukan intervensi dan sinergitas antarinstansi terkait,seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, serta seluruh unsur komponen masyarakat.

Sebagai tahap awal pelaksanaan kegiatan di Kampung KB, dibutuhkan data yang valid dan intervensi lintas sektor agar program pemerintah dapat tepat sasaran dan tepat manfaat.

Oleh karena itu disetiap pencanangan Kampung KB sekaligus diresmikan Rumah Data Kependudukan (Rumah Dataku), sebagai media pusat data untuk memotret keadaan awal kondisi penduduk.

Disamping itu memantau perkembangan setelah dilakukan intervensi, terutama dari sisi kesejahteraan secara umum.

Kades Krinjing, Haryanto, menyatakan Desa dan masyarakat, konsen menyukseskan program Pemerintah kabupaten Magelang dalam pembangunan desa diberbagai bidang.

“Termasuk suksesnya program KB Kesehatan dan kebersihan lingkungan,” katanya.

Pencanangan Kampung KB disaksikan Camat Kajoran Drs Basirul Hakim,dan  dimeriahkan pertunjukan kesenian Topeng Ireng serta pameran kerajinan produk lokal. (Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here