Bagikan
Bupati Temanggung M Al Khadziq mengibarkan bendera pelepasan calon jemaah haji asal Kabupaten Temanggung dari depan Pendopo Pengayoman, kompleks rumah dinas Bupati Temanggung menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Foto: yon

TEMANGGUNG–  Sebanyak 12 orang dari1.778 calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Temanggung gagal berangkat ke tanah suci. Mereka yang gagal berangkat melaksanakan Rukun Islam kelima tersebut disebabkan  beberapa faktor.

“Ke-12 calhaj yang gagal berangkat di tahun ini karena beberapa alasan.Diantaranya karena meninggal dunia, sakit dan mengundurkan diri,” kata Koordinator Pemberangkatan Haji Kabupaten Temanggung, Munsiri.

Munsiri mengatakan, bagi calhaj  yang mengundurkan diri sudah secara resmi mencabut segala macam persyaratan pencalonan haji. Sedangkan, calhaj yang sakit masih ada kesempatan untuk berangkat dengan syarat tertentu. Yakni penyakit yang dideritanya sudah benar-benar sembuh, nantinya akan diberangkatkan  pada bulan Agustus mendatang dan diikutkan  kloter sapu jagat.

Ia menambahkan,  pemberangkatan calhaj asal Kota Magelang tersebut  dibagi dalam  enam kelompok terbang  (kloter).

“Untuk  kloter 14 sampai dengan kloter 17 yang diberangkatkan  menuju Asrama  Haji Donohudan Boyolali pada  Rabu ( 10/7)  dan kloter 18 dan 19 akan diberangkatkan pada tanggal  Kamis (11/7),” katanya. Sementara itu,  Bupati Temanggung, M Al Khadzig  saat  melepas calon jemaah haji berharap,  agar para  jamaah calon haji menjaga kesehatannya dengan baik. Sehingga, bisa menjalankan  seluruh rangkaian ibadah haji baik rukun, wajib maupun sunnahnya dengan lancar.  “Selain itu, kami juga berdoa agar sekembalinya  ke tanah air Indonesia , para jamaah menyandang predikat haji yang mabrur dan hajjah yang mabrurah,” katanya.

Pada kesempatan itu, Khadziq juga  meminta para calon jamaah haji asal Kabupaten Temanggung, saat menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Mekah untuk mendoakan keberhasilan usaha pertembakauan  di wilayah Temanggung, sehingga  para petani tembakau  sejahtera dan mendapat rezeki yang berkah.

Suarabaru.id/yon

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here