Dewan Minta Pemda Gencarkan Promosi ASG 2019
ASG 2019 - Kota Semarang siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN School Games 2019 yang mempertandingkan 9 cabang olahraga. (hery priyono)

SEMARANG – DPRD Jateng meminta pihak Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota Jawa Tengah lebih menggencarkan promosi penyelenggaraan ASEAN School Games (ASG) 2019 yang akan berlangsung di Kota Semarang 17-25 Juli 2019.

Dalam acara Dialog Bersama Parlemen Jateng, Rabu (10/7/2019), anggota dewan dari Komisi E DPRD Jateng Muh. Zen Adv mendorong agar dari pihak Pemprov Jateng dan juga dari Pemkab/kota se-Jateng bisa menggalakkan lagi promosi gelaran akbar tingkat asia ini.

“Promosinya masih belum maksimal, padahal kita menjadi tuan rumah. Seperti Asian Games kemarin di Palembang dan Jakarta yang sangat luar biasa, kalau semua dilibatkan dan masyarakat ikut berpartisipasi, saya yakin pasti acara ini akan ramai,” katanya.

Politisi dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap walaupun ASG 2019 ini merupakan event pelajar, namun semangatnya adalah semangat solidaritas dan kebersamaan. Selain itu dalam persiapannya jika melibatkan semua stakeholder maka diperkirakan event ini akan menjadi luar biasa dan nama Jawa Tengah akan mendapat apresiasi dunia internasional.

“Kami dari DPRD sudah melakukan pantauan ke venue yang dijadikan tempat perhelatan dan saya kira semuanya sudah siap dipakai. Harapannya dari event ini nanti ada semangat bagi Jateng untuk meningkatkan prestasi atletnya dan bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi tamu-tamu atlet mancanegara yang datang ke sini,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Bidang Olahraga Disporapar Jateng Kuncoro Dwi Wibowo mengatakan persiapan venue untuk penyelenggaraan ASG 2019 sudah siap hampir 100 persen keseluruhannya. Lokasi untuk 9 cabang olahraga (cabor) sudah disiapkan dengan matang dan sudah diuji oleh delegasi teknikal sesuai aturan standar.

“Kemarin Selasa (9/7/2019) dari technical delegate sudah mensurvei arena atletik di GOR Tri Lomba Juang, Mugas. Lalu yang di GOR Jatidiri, untuk kolam renangnya sesuai regulasi minimal ketinggian air yang diinginkan 135 centimeter sudah kita selesaikan,” katanya.

Dalam gelaran ASG 2019 tersebut akan mempertandingkan 9 cabor, yaitu renang, atletik, bulutangkis, bola basket, bola voli, sepak takraw, tenis, tenis meja, dan pencak silat. Ada 117 nomor yang dipertandingkan yang terdiri dari 59 nomor putra, 54 nomor putri, dan 4 nomor ganda.(suarabaru.id/hp)