blank
Alumni D2 PGSD UNS Kebumen Angkatan 1993 Minggu (6/7) mengadakan reuni dan berfoto bersama di RM Taman Sari Rasa Sampang, Cilacap.(Foto:Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN –  Sejumlah alumni D2  PGSD UNS Angkatan 1993, Minggu (7/7), menggelar reuni di Kabupaten Cilacap. Mereka yang mengikuti reuni itu telah mengabdi  sebagai pendidik di daerah Kebumen, Cilacap, Banyumas,  Purworejo, Brebes, Tegal dan Pemalang.

Acara diawali pertemuan sekaligus kangen-kangenan dan makan pagi di RM Taman Sari Rasa Sampang, Cilacap. Selanjutnya rombongan alumni D2 PGSD UNS Prajabatan Angkatan 1993 itu melanjutkan pertemuan sembari menikmati objek wisata Pantai Sodong di Adipala, Cilacap. Seraya menikmati makanan tradisonal sepert pecel, kupat tahu, kacang godok,air kelapa muda (degan)  hingga kerang hijau dan cumi, mereka melanjutkan pertemuan yang berlangsung santai namun gayeng.

Koordinator Alumni D2 PGSD UNS Kebumen H Mahmudin SPd MAg yang saat ini sukses menjabat Kepala MAN 1 Kebumen itu menuturkan, kegiatan reuni tersebut telah berjalan dua kali. Tahun lalu reuni pertama diadakan di kampus PGSD UNS Kebumen di Jalan Gelatik, Kelurahan Panjer, dilanjutkan acara santai di RM Sop Arie Jalan Lingkar Selatan.”Teman-teman berinisiatif mengadakan reuni dan pertemuan tiap tahun di musim libur sekolah.  Alhamdulillah tahun bisa terlaksana di Cilacap,”tandas Mahmudin.

Dia jelaskan, meskipun status mahasiswa D2 Prajabatan PGSD UNS 1993 diangkat PNS setelah tamat,  para alumni banyak yang memulai karier di berbagaia tempat. Seperti dirinya justru ikut lolos CPNS di Kemenag Kebumen sehingga sempat menjadi guru MI. Sembari kuliah S1 ,  Mahmudin pindah sebagai guru MA Salafiyah di Wonoyoso Kebumen. Selanjutnya dimutasi  di Majenang Cilacap.  Dia juga terus melanjutkan belajar S2 hingga dipromosikan sebagai Kepala MAN 2 Kebumen dan kini mutasi sebagai Kepala MAN 1 Kebumen.

Seminar Pendidikan

Mahmudin mengakui, reuni tersebut memang masih sebatas rintisan. Mengingat jumlah alumni PGSD UNS Kebumen yang telah tersebar di berbagai daerah di Tanah Air cukup banyak. Pihaknya berencana mengadakan pertemuan lagi dan akan mengadakan reuni akbar yang dikemas dengan acara Seminar Nasional Pendidikan dan bakti kampus. Pihaknya akan  mengundang pembicara guru besar  UNS dan dari kalangan alumni. Bila memungkinkan  seluruh alumni PGSD UNS Kebumen akan diundang  pada acara tersebut. Namun rencana kegiatan itu masih akan dimatangkan oleh paguyuban alumni.

Maskuri, salah seorang aktivis paguyuban yang kini mengabdi sebagai kepala SD di Banyumas menambahkan, alumni PGSD UNS Kebumen telah banyak yang sukses sebagai pendidik. Utamanya mereka bekerja sebagai guru PNS di daerah Kebumen, Puroworejo, Cilacap, Banyumas, Tegal, Brebes, Pemalang, Jakarta hingga luar Jawa. Bahkan khusus alumni D2 PGSD UNS Kebumen angkatan 1993  telah ada yang meraih gelar S3 atau doktor atas nama Muh Madi yang kini bekerja sebagai kepala sekolah di sebuah SD di Kabupaten Brebes. Sedangkan alumni yang lain telah menjadi  kepala sekolah, pengawas pendidikan, tutor mahasiswa UT hingga kepala MAN.

Wasirun, alumni yang juga sebagai pengawas pendidikan di Kabupaten Cilacap dan tutor mahasiswa UT UPBJ Purwokerto menambahkan, salah satu tujuan reuni untuk membangun silaturahmi, meningkatkan profesi  pendidik sekaligus menjaga nama baik almamater. Pihaknya berharap keberadaan paguyuban alumni PGSD UNS Kebumen semakin eksis. Bahkan alumni berharap  agar kampus PGSD  UNS Kebumen dipertahankan dan semakin ditingkatkan. Mengingat selama ini almamaternya telah memberikan kontribusi besar melahirkan pendidik yang  tersebar di berbagai daerah dan di lembaga pendidikan.”Sebagai aset pendidikan tinggi yang melahirkan guru, kami alumni berharap kampus PGSD UNS Kebumen yang kini menerima mahasiswa S1 PGSD tetap dirawat dan diperbaiki agar semakin layak dan eksis sebagai kampus yang membanggakan,”tandas Wasirun.

Suarabaru.id/Komper Wardopo