blank

SEMARANG– 19 provinsi dipastikan mengikuti Kejuaraan Atletik Jateng Terbuka, 4-7 Juli 2019 yang akan berlangsung di Semarang. Dari data yang terverifikasi di panpel, kejuaraan yang juga menjadi babak kualifikasi PON XX Papua, sebanyak 509 atlet akan berlaga di 45 nomor pertandingan.

Ketua Panpel Hery Setyono, Selasa (2/6) menjelaskan, jumlah peserta di Jateng Terbuka luar biasa. Ini bisa dimaklumi, karena menjadi ajang babak kualifikasi PON XX Papua seri kedua. Seri sebelumnya dilaksanakan di Jatim Open sebelum Bulan Ramadhan lalu. “Walaupun ini kejuaraan terbuka, tapi sebagian besar peserta mengincar tiket ke PON XX Papua,” ujar Hery Setyono.

Sebelumnya, tambah Hery, atlet-atlet dari Singapura dan Malaysia sudah berencana ikut bertanding. Namun, mereka membatalkan diri karena di Malaysia juga ada kejuaraan atletik.

Target lolos

Sementara itu Ketua Umum Pengprov PASI Jateng melalui Ketua Harian DR Rumini menyatakan, di kejuaraan ini pihaknya menargetkan Jateng meloloskan atlet sebanyak-banyaknya ke PON XX Papua. Sebelumnya, Jateng sudah meloloskan 13 atlet saat mengikuti Jatim Open.

“Ada dua kejuaraan lagi setelah ini, yakni Marathon Bali dan Kejurnas. Secara keseluruhan kami menargetkan 30 atlet bisa tampil di PON XX Papua. Lolos secara kualitas yang kami utamakan,” tukas Rumini.

Mantan pemegang rekornas nomor sapta lomba ini menambahkan, guna mengukur kemampuan selama menjalani TC Sentralisasi Pelatda Jateng, 13 atlet yang sudah lolos juga akan tetap mengikuti kejuaraan.

“Kejuaraan ini juga sangat penting bagi atlet yang sudah lolos. Karena, dengan ikut kejuaraan ini mereka (atlet dan pelatih) bisa mengevaluasi hasil TC Sentralisasi,” tukas dosen FIK Unnes tersebut.

Saat ini atlet-atlet Jateng sedang menjalani TC Sentralisasi di Lapangan Atletik Unnes Sekarang, Gunungpati, Semarang.

Suarabaru.id/SL