blank
Kasubsie Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Purwodadi, Heri Dwi Siswanto, ikut mengawasi warga binaan yang dilibatkan dalam memasak di dapur. (Foto : Hana Eswe).

GROBOGAN – Kegiatan rutin setiap harinya di Rutan Kelas II B Purwodadi yakni memasak menu makanan untuk seluruh warga binaan rutan tersebut.

Dalam menyiapkan menu makanan, warga binaan juga dilibatkan untuk proses memasaknya. Hal tersebut terlihat pada kesibukan mereka memasak di ruang dapur, Selasa (2/7) pagi.

Kepala Rutan Kelas IIB Purwodadi, Surakhmat melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Heri Dwi Siswanto mengatakan setiap hari dirinya melakukan kontrol keliling (trolling) di rutan tersebut.

Termasuk mengontrol kesiapan makanan untuk seluruh warga binaan. Keterlibatan beberapa warga binaan dalam kegiatan memasak ini diawasi langsung petugas dapur supaya semua bahan-bahan yang dipergunakan untuk memasak terkontrol bersih.

“Ini memang kegiatan setiap hari di Rutan Klas IIB Purwodadi. Setiap pagi, siang dan sore, ada kegiatan memasak untuk makan tiga kali dalam sehari. Menu sesuai daftar yang telah dijadwalkan dan ini memang aktivitas setiap hari di bagian dapur,” ujar Heri, sapaan akrab Heri Dwi Siswanto.

Menurut Heri, keterlibatan beberapa warga binaan memasak di bagian dapur ini untuk menyiapkan masakan yang akan dibagikan kepada seluruh warga binaan. Setiap harinya, menu makanan bervariasi.

“Mereka, para warga binaan yang terlibat dalam urusan dapur ini semuanya telah melalui proses sidang TPP. Menu makanan ini untuk semua warga binaan dan setiap harinya berbeda sesuai dengan jadwal menu yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri. Dalam sehari ada tiga kali menu makanan, yakni pada pagi, siang dan sore,” ungkap Heri.

 

suarabaru.id/Hana Eswe.