Bagikan
Petugas dari Polsek Grobogan menunjukkan meteran listik yang terbakar. Diduga, penyebab kebakaran ini yaitu konsleting listrik. Foto: Hana Eswe/ist.

GROBOGAN – Salah satu penyebab terjadinya kebakaran yakni arus listrik. Di Dusun Nggareh RT 001 RW 003 Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan, sebuah meteran listrik di rumah Abdul Malik terbakar. Percikan api tersebut merambat ke jerami yang disimpan tepat dibawah meteran listrik tersebut dan membuat sebagian bangunan teras hangus dilalap jago merah.

Dari keterangan Kapolsek Grobogan Iptu Eko Bambang melalui Laporan Polisi nomor LP / B / 12 / VII / 2019 / Jateng / Res Grob / Sek Grob, insiden ini terjadi pada Senin (1/7). Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu, Abdul Malik melihat meteran listrik mengeluarkan api hingga terbakar dan merambat ke tumpukan jerami yang diletakkan dibawah meteran listrik tersebut.

Percikan api tersebut terus menjalar mengenai tumpukan jerami yang membuat api cepat berkobar lebih besar. Korban kemudian berteriak meminta tolong kepada warga sekitar. Tidak berapa lama, warga datang ke lokasi kejadian dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya hingga akhirnya satu armada pemadam kebakaran datang ke TKP.

“Benar, terjadi kebakaran di rumah Saudara Abdul Malik. Kebakaran ini terjadi karena munculnya percikan api pada meteran listrik yang kemudian merambat ke bawah mengenai tumpukan jerami yang tepat berada di bawah meteran listrik tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tetapi pemilik rumah mengalami kerugian material,” ujar Iptu Eko Bambang.

Kerugian material yang dialami korban yakni 25 usuk kayu jati yang terpasang di bagian atap teras rumah tersebut hangus terbakar. Diperkirakan, kerugian mencapai sekitar Rp 5 juta.

Kapolsek mengatakan dugaan penyebab terbakarnya meteran listrik tersebut akibat konsleting listrik. Adanya kebakaran ini, Iptu Eko Bambang mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Grobogan untuk berhati-hati pada saat menggunakan hal-hal yang berkaitan dengan arus listrik sehingga kebakaran dapat dicegah.

suarabaru.id/Hana Eswe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here