blank
Casemiro/dok

BELO HORIZONTE – Lionel Messi, bintang dan kapten Argentina, akan menghadapi tembok tebal Brasil pada partai semifinal Piala Amerika 2019 di Estadio Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, Rabu (3/7) pagi WIB. Skuad tuan rumah diposisikan sebagai unggulan lantaran performa luar biasa Selecao terutama di lini belakang. Brasil belum kebobolan dalam lima pertandingan. Tim asuhan Tite itu juga lumayan tajam dengan menghasilkan delapan gol.

Selecao sulit ditembus karena memiliki pertahanan yang kuat dan rapat. Kiper Alisson Becker yang hebat disokong kuartet Filipe Luis, Thiago Silva, Marquinhos, dan Dani Alves. Lini belakang semakin mantap berkat penampilan mengesankan gelandang bertahan Casemiro. Pemain Real Madrid itu paling mahir dalam memutus serangan lawan. Tekanan-tekanan musuh kerap putus di lapangan tengah sebelum berhadapan dengan barisan pertahanan.

Ketangguhan Casemiro dan kekokohan lini belakang ditambah dengan penampilan brilian Alisson. Kiper Liverpool ini sudah melakukan lima penyelamatan. Catatan-catatan positif itu disokong barisan penggempur. Dalam skema 4-2-3-1, striker Roberto Firmino akan dilapis Philippe Coutinho, Everton, dan Gabriel Jesus. Empat penyerang ini memiliki kecepatan dan kekuatan yang memadai untuk mengancam gawang Franco Armani. ”Argentina tetap lawan yang sulit, tapi kami siap melanjutkan tren positif kami,” ungkap Tite.

Di kubu Tim Tango, pelatih Lionel Scaloni meminta skuadnya kembali bermain tanpa rasa takut. Cara main seperti itu telah diwujudkan saat menaklukkan Venezuela pada perempat final. Scaloni meyakini Messi akan tampil beda ketika meladeni Selecao. Penyerang berjuluk La Pulga (Si Kutu) itu memang belum tampil terampil. Rekornya melawan Brasil juga jelek.

Messi sembilan kali bersua Tim Samba, dan hasilnya lima kali kalah, tiga kali menang, dan sekali seri. Semua kemenangan yang dirasakan Si Kutu terjadi pada laga uji coba. Striker andalan baru La Albiceleste Lautaro Martinez optimistis Messi bisa ”meledak” kontra Brasil. Martinez berjanji untuk meneruskan kegarangannya. Scaloni bakal mengusung formasi 4-3-1-2. Tombak kembar ditempati Martinez dan Sergio Aguero. Sementara Messi berperan sebagai penyerang lubang. (rr)