blank
Banyak spot foto di Taman Kincir Suralaya. Terlihat pemeran Anoman dan Shinta sebelum pentas Sendratari Ramayana berswafoto di lokasi tersebut. Foto: Hana Eswe/ist.

GROBOGAN – Sebagai destinasi wisata yang popular di Kabupaten Grobogan, Candi Joglo terus berbenah untuk meningkatkan animo wisatawan. Hal tersebut terlihat dalam pengembangan site plan wahana baru berupa Taman Kincir Suralaya. Hal tersebut diperjelas pengelola sekaligus pemilik tempat wisata Candi Joglo Purwodadi, Muhadi.

Dijelaskan Muhadi, wahana baru tersebut sebetulnya sudah di-launching sebelum Lebaran. Tepatnya pada 1 Juni 2019. Seiring dengan berjalannya waktu, Taman Kincir Suralaya diminati masyarakat. Terutama bagi anak-anak dan kaum remaja.

“Tujuan utama pembangunan Taman Kincir Suralaya ini yaitu mendukung lokasi wisata Candi Joglo serta menambah wahana untuk mengisi masa liburan sekolah 2019 agar anak-anak muda bisa fresh dan berekspresi mengembalikan kreativitas dengan berwisata kincir warna-warni di taman ini,” kata Muhadi, Kamis (27/6).

Ekspresi senang diungkapkan seorang wisatawan bernama Reza (17). Warga Kota Semarang yang kebetulan berlibur di candi tersebut mengungkapkan Taman Kincir Suralaya ini mempunyai spot yang bagus untuk berfoto.

“Tempatnya bagus, suasana pedesaan terasa di sini. Mungkin karena saya dari kota ya, kemudian sudah berada di sini, atmosfernya berbeda. Ada kincir warna-warni juga jadi terlihat lebih indah,” ujar Reza.

Muhadi menjelaskan, pihaknya menciptakan replika Taman Khayangan Suralaya dengan konsep mengemas kincir angin agar anak-anak juga mengenal konsep budaya yang kekinian tidak meninggalkan budaya daerah. Spot utama dari wahana ini yaitu Gapura Candi Suralaya yang saat ini baru proses pengerjaan sekaligus nantinya akan menjadi spot pementasan budaya daerah.

blank
Terdapa treplika papan catur berikut pion raksasa di tengah Taman Kincir Suralaya yang memikat wisatawan. Foto: Hana Eswe/ist.

“Suralaya adalah nama sebuah taman di khayangan atau surge yang digambarkan sebagai tempat bermain yang elok dan menarik. Di dalam Taman Kincir Suralaya nantinya akan ada spot foto utama Candi Karsa sebagai pengembangan set plan kedua Candi Joglo,” tambah Muhadi.

Pihaknya berharap, pengembangan ini dapat menaikkan kunjungan wisatawan ke Candi Joglo Purwodadi. Di samping itu, adanya penambahan wahana baru di tempat wisata ini dapat menggairahkan kembali destinasi wisata Grobogan sehingga dapat berinovasi dan berkreasi seperti kota daerah lainnya.

suarabaru.id/Hana Eswe.