blank
Turunnya harga ayam jenis broiler di kalangan peternak tidak mempengaruhi harga daging ayam yang sudah diproses di pasaran se Kabupaten Grobogan. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Turunnya harga ayam hidup jenis broiler yang dialami para peternak mandiri tidak berdampak buruk pada harga ayam mentah di pasaran. Hal tersebut dikatakan Staf Bidang Perdagangan, Sahli, saat dikonfirmasi suarabaru.id, Kamis (27/6).

Menurut Sahli, rata-rata harga daging ayam pedaging di pasaran se Kabupaten Grobogan masih berada di angka Rp 30 ribu per kilogramnya. Harga tersebut masih statis dan tidak ada perubahan kendati di kalangan peternak harganya merosot drastis pada Rabu (26/6).

“Harga masih tetap untuk daging ayam broiler. Rata-rata harga pasaran di Kabupaten Grobogan masih berada di angka Rp 30 ribu per kilogramnya. Harga tersebut menjadi harga tetap sejak Sabtu (22/6) hingga saat ini,” kata Sahli.

Sehari sebelumnya, secara regional harga ayam pedaging di kalangan peternak merosot drastis. Kerugian dialami langsung para peternak mandiri. Terutama di wilayah Kabupaten Grobogan. Beberapa peternak mengungkapkan harga ayam hidup per kilogram normalnya berada di angka Rp 11 ribu untuk bobot di bawah 2 kilogram dan Rp 18.000 untuk ayam ukuran di atas 2 kilogram.

Harga Bahan Pokok Tetap Aman

Selain ayam pedaging, harga bahan pokok lainnya juga berada di posisi yang statis alias aman.  Beberapa komoditas barang seperti beras, minyak goreng, gula pasir dan sayur-sayuran sejak Sabtu (22/6) berada di angka yang stabil.

Sementara harga bawang merah berada di kisaran Rp 30 ribu per kilogramnya sejak Senin (24/6) hingga saat ini. Sebelumnya pada Sabtu-Minggu (22-23/6), harga bawang merah berada di kisaran Rp 28 ribu per kilogramnya.

Sebaliknya, harga bawang putih turun Rp 1.000 per kilogram di hari yang sama hingga saat ini yakni dari harga Rp 30 ribu per kilogram pada Sabtu-Minggu (22-23/6) turun menjadi Rp 29 ribu per kilogram hingga Kamis (27/6). Naik turunnya kedua komoditas ini tidak terlalu berpengaruh di kalangan masyarakat.

suarabaru.id/Hana Eswe