blank
Di sela-sela HLUN ke-73, Sekda Blora, Komang Gede Irawadi, menyerahkan bantuan sembako kepada perwakilan lansia. (Foto : SB-Hms-Setbla)

BLORA – Pemkab Blora melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), Rabu (26/6/2019), menggelar prosesi peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23.

Prosesi HLUN ke-23 di Blora, dilaksanakan di pendapa kabupaten setempat, dihadiri ratusan lansia dari berbagai organisasi dan komunitas.

Wakil Bupati H. Arief Rohman didampingi jajaran Forkopimda dan Sekda Komang Gede Irawadi, membuka acara, ditandai dengan syukuran potong tumpeng dan penyerahan tali asih kepada perwakilan Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) setempat.

Kepala Dinsos P3A, Indah Purwaningsih, menyampaikan bahwa resepsi ini merupakan puncak kegiatan HLUN ke-23 tingkat Kabupaten Blora.

“Pekan lalu dilaksanakan berbagai kegiatan, antara lain olahraga dan dialog dengan bupati,” jelas Indah.

Menurutnya, peringatan Hari Lansia ini sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada para lansia yang telah berkarya untuk bangsa, negara, dan tetap semangat.

“Saya salut dengan para senior, Bapak dan Ibu semuanya, tadi saat menyanyikan mars lansia tampak energik,” kata Wabup Blora Arief Rohman.

Wakil Bupati berharap agar para lansia tetap aktif beraktivitas, berorganisasi, kumpul teman sesama lansia, maupun bergabung dengan berbagai komunitas olahraga untuk menjaga kesehatan.

‘’Maos’’

Komunintas itu,  tambahnya,  seperti komunitas jantung sehat, komunitas senam, komunitas sepeda dan lainnya.
“Saya bangga,  ada komunitas Manut Obahe Sikil (Maos), ini unik dan jadi media berolahraga lansia,” kata Arief.

Wabup Blora berharap, dengan adanya HLUN, akan semakin banyak lagi perhatian pemerintah daerah kepada kaum Lansia.

Lansia, katanya,  jangan dipandang hanya bisa momong cucu, namun mereka juga tetap bisa berkarya dan menyumbangkan pemikirannya untuk pembangunan, bebernya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati bersama perwakilan Forkopimda dan Sekda, menyerahkan bantuan sembako dan tali asih kepada para lansia.

Acara dilanjutkan dengan ceramah kesehatan untuk lansia dan pembagian undian hadiah, membuat para lansia sumringah penuh semangat.

suarabaru.id/Wahono