Bagikan
Everton Soares/dok

SAO PAULO – Rapi, kreatif, dan efektif. Itu yang dilakukan Brasil saat memukul Peru 5-0 pada laga terakhir Piala Amerika 2019 Grup A. Dalam duel di Arena Corinthians, Sao Paulo, Minggu (23/6) dini hari WIB itu, Tim Samba benar-benar mendominasi. Casemiro membuka gol yang diikuti Roberto Firmino, Everton Soares, Dani Alves, dan Willian.

Selecao sebenarnya berpeluang menambah gol. Sayang, eksekusi penalti Gabriel Jesus dimentahkan kiper Pedro Gallese. Dengan hasil ini pasukan tuan rumah sukses menembus perempat final. Secara hasil dan performa, pelatih Adenor Leonardo Bacchi (Tite) menyatakan puas. Dani Alves dan kolega memegang kendali sejak kick off. Penguasaan bola Tim Samba mencapai 69 persen.

Kemenangan telak ini sekaligus menjawab kritik dari fans terhadap permainan Brasil. Juara dunia lima kali ini dicemooh suporternya ketika diimbangi Venezuela 0-0 dan menang 3-0 atas Bolivia. Para pendukung menilai skuad Tite tampil tanpa kreativitas. ”Ini penampilan terbaik selama saya melatih tim nasional. Kami kreatif, terukur, efektif, dan mematikan,” ujar Tite.

Sementara itu, bek kanan Dani Alves dipastikan meninggalkan Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas ini. Dia sudah dua musim terakhir membela Les Parisiens. Selama memperkuat klub ibu kota Prancis itu, Alves tampil 73 kali dan mencetak delapan gol di seluruh kompetisi. Dia ikut berperan mengantarkan PSG meraih dua trofi Ligue 1, satu trofi Piala Prancis, satu trofi Liga Prancis, dan satu trofi Piala Super Prancis.

Kontrak Alves akan habis musim panas ini. Menurut dia, waktuya sudah cukup bersama PSG dan ingin mencari tantangan lain. “Hari ini saya mengakhiri lagi salah satu perjalanan karier saya yang berisikan kemenangan, pembelajaran, dan pengalaman,” tutur pemain 36 tahun ini. (rr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here