blank
Kapolres AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi didampingi seluruh Pejabat Utama (PJU) memungut sampah ditengah aksi resik-resik Pasar, Memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke 73 Tahun 2019 yang jatuh hari Senin tanggal 1 Juli tanggal 2019. Foto : Erna

SALATIGA – Pemandangan tak biasa terlihat di Pasar Raya I, Salatiga, Kamis (20/6). Berseragam lengkap, jajaran Polrw Salatiga bersama anggota Bhayangkari melakukan kegiatan resik-resik.

Dipimpin langsung Kapolres AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi didampingi seluruh Pejabat Utama (PJU) kegiatan aksi resik-resik Pasar bersama dinas dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-73 Tahun 2019 yang jatuh hari Senin tanggal 1 Juli tanggal 2019.

Dari pantauan, berbekal kantong plastik, sapu dan, sabit tiga ratusan orang yang terdiri dari anggota Polres Salatiga dan Jajaran Polsek serta masyarakat sekitar yang peduli kebersihan beramai-ramai membersihkan sampah yang ada di sepanjang Jalan Jendral Sudirman dan Pasar Raya Kota Salatiga, yang digunakan sebagai Pasar Pagi Kota Salatiga.

Fokus hari ini adalah sepanjang Jalan Jendral Sudirman, dan Pasar Pagi Kota Salatiga, tidak hanya berpangku tangan memerintahkan anggotanya.

Orang nomor satu di jajaran Polres Salatiga ini turun langsung bersama anggota dan masyarakat lainnya. Dan tak segan-segan Kapolres yang dikenal dekat dengan awak media ini membaur dan memungut satu persatu sampah yang ditemukan di sepanjang jalan serta pasar.

Sampah yang dipungut, dimasukkan ke kantong plastik maupun tempat sampah lainnya kemudian mengangkut ke kendaraan dari Dinas Pasar untuk diangkut ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di Ngronggo Argomulyo Kota Salatiga.

“Momen ini sekaligus kita manfaatkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana mengelola sampah, agar tidak menjadi permasalahan dimasyarakat, harus bersama menanganinya untuk menjaga kebersihan lingkungan,” jelas AKBP Gatot Hartono SE MSi.

AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi lebih jauh menjelaskan bahwa selain membangun kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan pengelolaan sampah dengan terjun langsung membersihkan sampah, hal ini dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara Ke 73, sehingga nantinya agar terwujud sinergitas kemitraan Polri dengan masyarakat,” tutur Kapolres.

Antusiasme masyarakat pun bisa dikatakan cukup tinggi, bagaimana tidak secara sukarela mereka ikut bergabung ambil bagian dalam kegiatan tersebut bahkan banyak yang sukarela menyediakan minuman da beberapa makanan jajanan khas pasar yang diperuntukkan yang bagi para peserta.

Pada kesempatan ramah tamah bersama warga masyarakat Kapolres menegaskan bahwa kegiatan resik-resik ini tidak hanya bersifat seremonial belaka namun akan berharap dijadikan kegiatan secara berkesinambungan.

Sehingga kebersihan pasar dan lingkungan Kota Salatiga sekitarnya tetap terjaga dengan baik.“Dimulai dari diri sendiri. Tidak membuang sampah sembarangan dan mengurangi sampah khususnya plastik, jadikan Pasar sebagai Kegiatan Ekonomi yang yang bersih, indah dan nyaman bagi pedagang dan pembeli, segingga roda perekonomian berkembang, yang pada akhirnya tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, Kota Salatiga,” pungkasnya.

suara baru.id/Erna