blank
Edinson Cavani/dok

BELO HORIZONTE – Performa memikat duet striker Edinson Cavani dan Luis Suarez membuat Oscar Tabarez, pelatih tim nasional Uruguay, memercayai keduanya bisa berbuat banyak pada Copa America 2019. La Celeste membuka Piala Amerika dengan hasil positif. Si Biru Langit memukul Ekuador 4-0 pada laga perdana Grup C di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Senin (17/6) pagi WIB. Cavani dan Suarez sama-sama menyumbang satu gol. Dua gol lain dihasilkan Nicolas Lodeiro serta bunuh diri Arturo Mina.

Penampilan tombak kembar Uruguay itu benar-benar melegakan Tabarez. Pelatih 72 tahun ini sebelumnya risau, karena dua penyerang andalannya itu baru sembuh dari cedera. El Pistolero, julukan Suarez, absen dalam dua partai terakhir Barcelona musim ini lantaran menjalani operasi lutut kanan. Sementara Cavani banyak menepi gara-gara cedera otot dan hamstring. “Saya selalu mengharapkan yang terbaik dari para pemain saat ini, karena mereka berkomitmen penuh kepada tim,” ujar Tabarez. Dia mengaku senang dengan kemenangan atas Ekuador. Lawan harus tampil dengan 10 pemain selepas dikeluarkannya Jose Quinteros pada menit ke-24.

Komentar senada dilontarkan Cavani. Penyerang Paris Saint Germain ini percaya diri skuadnya bisa bersaing dengan Brasil dan Argentina. “Kami siap untuk bersaing. Kemenangan meyakinkan ini membuktikan kami pantas berkompetisi untuk memenangi gelar juara,” tandas Cavani. Dari tiga pertandingan sebelumnya, La Celeste membuat 10 gol dan tak kebobolan saat menghadapi Uzbekistan, Thailand, dan Panama.

Diego Godin dan kolega seperti memberi peringatan kepada para tim unggulan bahwa mereka tidak boleh diremehkan. Uruguay kali terakhir menjuarai Copa America pada 2011. Namun, hal itu justru memotivasi mereka untuk bisa jadi yang terbaik. Si Biru Langit berpeluang menyegel satu tempat di perempat final jika menang pada laga kedua. Lawan Godin dan kawan-kawan selanjutnya adalah Jepang yang dimainkan Jumat (21/6). Jepang dan Qatar merupakan tim undangan. Qatar adalah juara Asia 2019, sedangkan Jepang menjadi runner up. (rr)