Bagikan
Siswa SMP Tarakanita Kota Magelang ketika melakukan kegiatan penanaman pohon buah-buahan di Gunung Tidar, (Humas Pemkot Magelang/dok)

 

MAGELANG- Sebanyak 230 siswa SMP Tarakanita Kota Magelang menanam bibit pohon buah-buahan di kawasan Gunung Tidar. Kegiatan itu sebagai bagian dari pendidikan  cinta alam dan pelestarian lingkungan.

‘’Kegiatan ini sebagai implementasi penanaman nilai-nilai keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan-Nya, yang dihidupi para siswa sekolah kami,’’ kata Agustinus Sutarto, guru sekolah itu yang mendampingi para siswa dalam aksi tersebut beberapa hari lalu.

Kegiatan yang melibatkan siswa kelas VII dan VIII sekolah itu, juga ditandai dengan bersih-bersih lingkungan dari sampah dan kotoran lainnya di kawasan hutan lindung Gunung Tidar. Tepatnya kegiatan dipusatkan di pelataran puncak Gunung Tidar, di area Monumen Paku Jagad. Gunung Tidar terletak di tengah-tengah Kota Magelang yang terdiri tiga kecamatan dan 17 kelurahan tersebut.

Sutarto menerangkan, kegiatan SMP Tarakanita mendapat dukungan dari Unit Pelaksana Teknis Gunung Tidar di bawah Dinas Pertanian dan Pangan Pemkot Magelang.
Sebanyak 138 bibit pohon buah-buahan, seperti jeruk, mangga, jambu, rambutan dan jambu air ditanam para siswa  didampingi sejumlah guru dan petugas UPT Gunung Tidar yang dipimpin kepala UPT Agus Suprijanto.

 

Persiapan siswa SMP Tarakanita melakukan kegiatan tanam pohon buah di Gunung Tidar (Humas Pemkot Magelang/dok)

 

‘’Disarankan pihak UPT Gunung Tidar dengan ditanami pohon buah-buahan nantinya bisa memberikan ‘support’ makanan untuk  hewan-hewan yang ada di gunung tersebut,’’ ujarnya.

Pihak sekolah mengalokasikan sejumlah anggaran kegiatan bidang kesiswaan dan menjalin kerja sama dengan mitra sekolah dalam pengadaan berbagai bibit pohon buah-buahan yang ditanam para siswa di Gunung Tidar.

‘’UPT Gunung Tidar juga mempunyai visi dan misi yang sama dengan sekolah kami, terkait dengan usaha memelihara dan mengusahakan keutuhan alam ciptaan-Nya,’’ tutur  Sutarto yang juga pegiat Komisi Komunikasi Sosial Kevikepan Kedu tersebut.

Aksi tanam pohon dan bersih-bersih lingkungan Gunung Tidar dilakukan sebelum siswa SMP Tarakanita menerima rapor dan memasuki masa libur akhir tahun pelajaran 2018/2019.

‘’Kelak diharapkan anak-anak makin mencintai alam dan lingkungan, sehingga terus menerus mengusahakan pelestarian dan menjaga kelestarian lingkungan,’’ harapnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here