blank
Hari pertama kerja pascalibur Lebaran, di depan loket pandataran kantor UPPD (Samsat) Kabupatren Blora dipadati warga antre rela berdiri berjajar rapi. Foto :  Wahono

BLORA – Hari pertama buka pintu (masuk kerja) pasca libur Lebaran, Senin (10/6), sejumlah kantor dan bank di Blora diserbu warga. Kantor yang dipadati warga, antara lain Samsat, Satlantas, Dindukcapil dan perbankan.

Pantauan suarabaru.id di Blora, antrean terjadi sejak pintu kantor-kantor itu dibuka, terbanyak di Kantor Urusan Pendapatan Pajak Daerah (UPPD) Samsat Kabupaten Blora dan Samsat pembantu (Samtu) di Kecamatan Cepu.

blank
Kepala UPPD Kabupaten Blora, Agus Riyadi, SE, MM

Selain di dua kantor UPPD Blora dan Cepu, antrean juga terjadi di kantor bersama satu atap (Samsat) Pelayanan Administrasi Terpadu Elektronik (Paten) Kecamatan Kunduran, dan Randublatung.

Selain di dua Samsat Paten tersebut, UPPD Blora juga membuka pelayanan dalam bentuk Samsat Desa 1, Samsat Desa 2, dan Samsat Keliling (Samkel).

“Hari pertama kerja, kami melayani 2.527 orang (obyek) wajib pajak ranmor,” jelas Kepala UPPD Kabupaten Blora, Agus Riyadi.

Dari layanan 2.527 obyek tersebut, masuk di Samsat Induk Blora 904 obyek, Samsat Pembantu Cepu 805 obyek, Samsat Paten Kunduran 236 obyek, dan Samsat Paten Randublatung 144 objek.

Sedangkan layanan di Samsat Desa 1 sebanyak 129 obyek, Samsat Desa 2 ada 157 obyek, dan Samkel 152 obyek wajib pajak kendaraan bermotor (ranmor). Total setoran PKB ke kas daerah hari pertama kerja Rp 629,053 juta.

Antre SIM

Menurut Agus, para wajib pajak antre membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang habis masa berlakunya pada 1-10 Juni 2019, karena Selasa (11/6) sudah ada sanksi denda.

Meski antrean membludak, jajarannya berusaha tetap melayani dengan baik para wajib pajak, karena mereka datang dari berbagai penjuru dan bersabar untuk atre.

“Perkiraan kami, antrean akan terjadi hingga Kamis (13/6) besok,” tambah Agus Riyadi.

Di kantor Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) juga sama, pegawai tampak sibuk melayani warga, terbanyak pengurusan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) dan kartu keluarga (KK).

Suasana yang sama terjadi di Bank BNI, Bank Jateng, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BCA, dan bank lainnya tampak berjubel nasabah sejak pintu kantor bank dibuka pagi pukul 08:00 WIB.

Untuk pelayanan masyarakat, sejumlah bank menambah jam layanan nasabah hingga pukul 16:00 WIB dari hari kerja biasa pukul 15:30 WIB.

Antrean juga terjadi  kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blora, warga berjubel untuk mencari atau memperpanjang surat izin mengemudi (SIM), terbanyak adalah SIM C.

Institusi yang berwenang mengeluarkan SIM di Blora tersebut, hari-hari biasa hanya melayani sekitar 100-150 orang, khusus pasca libur panjang Lebaran mencapai 359 layanan, jelas Kasat Lantas, AKP Edy Sutrisno.

Suarabaru.id/Wahono