blank
Bersalaman : Bupati Grobogan Sri Sumarni bersalaman dengan para ASN di lingkungan Pemkab Grobogan usai apel pagi. Terlihat Sri Sumarni menyalami Kepala Dinas Pertanian Edhie Sudaryanto pada tradisi halal bihalal ini. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Ribuan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan mengikuti apel pagi di hari pertama masuk kerja setelah kurang lebih sepekan melaksanakan cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1440H/2019. Apel tersebut dilaksanakan di halaman Setda Grobogan dan dipimpin Bupati Grobogan Sri Sumarni, Senin (10/6).

Apel pagi ini juga dirangkaikan dengan halal bihalal Idul Fitri 1440 Hijriyah. Dalam amanatnya, Bupati mengungkapkan tujuan dari apel yang dirangkaikan dengan halal bihalal ini yaitu menjalin tali silaturahmi setelah sebulan melaksanakan ibadah puasa. Menurut Sri Sumarni, Idul Fitri merupakan momen kebahagiaan dan kemenangan karena berhasil melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh.

“Ketika mendengar kata Idul Fitri, tentu dalam benak kita yang muncul adalah kebahagiaan dan kemenangan, dimana momen tersebut seluruh umat Islam merasa bergembira dan senang karena berhasil melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh. Saya atas nama pribadi dan selaku bupati Grobogan mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin,” ucap Sri Sumarni.

Di samping itu, Bupati Grobogan mengajak para ASN menggunakan momen Idul Fitri ini untuk memperkuat persatuan. Baik antarsesama umat seagama maupun antar umat beragama.

“Mari kita jadikan Idul Fitri bukan hanya sebagai hari besar agama Islam. Namun juga menjadi hari kemenangan untuk semua dengan saling meningkatkan toleransi antarumat beragama. Mari kita jaga kebhinekaan ini, kita perkokoh persatuan dan kesatuan demi tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia,” pesan Sri Sumarni.

Usai apel pagi, acara dilanjutkan dengan tradisi bersalam-salaman. Seluruh peserta upacara bersalaman dengan Bupati Grobogan Sri Sumarni dan jajaran Pemkab Grobogan lainnya. Para peserta upacara ini juga dijamu dengan makan pagi bersama.

Terlihat dalam kegiatan ini, jajaran Forkopimda serta kepala OPD dari seluruh dinas mengikuti apel tersebut, seperti Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan drh Riyanto, Kepala Dinas Pertanian Edhie Sudaryanto, Direktur Purwa Tirta Bambang Pulunggono dan para pejabat OPD lainnya.

suarabaru.id/Hana Eswe.

blank