blank

Wakil Bupati Kebumen H Arif  Sugiyanto SH berbicara akrab dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama di rumah dinas.(Foto:Suarabaru.id/war)

KEBUMEN – Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH mengimbau para pengunjung di pantai selatan agar tidak mandi di laut. Sebab kondisi laut selatan dengan ombak besar memang sangat membahayakan bagi waraga yang mandi atau berenang di pantai.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Kebumen saat dihubungi di Rumah Dinas Wakil Bupati Jl Mayjen Sutoyo, Jumat (7/6) lalu menanggapi dua pelancong di Pantai Suwuk Desa Tambakmulyo Kecamatan Puring hilang ditelan ombak.

Wakil Bupati sempat sarapan bareng dan ngobrol akbrab dengan tokoh ulama dan tokoh masyarakat serta wartawan. Adapun menu sederhana pagi itu yakni nasi penggel dan lauk tempe goreng.  Acara diisi ceramah singkat KH Faisol Maulana dari Jakarta. Hadir Gus Imam Sibaweh dari Petanahan, KH Ahmad Riyanto, Ketua Gapensi A Munawarudin, aktivis LSM Haryanto Fadeli dan budayawan Jhon Silombo.

Menurut petugas Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen Sukiman, ada tiga orang wisatawan terseret ombak di Pantai Suwuk, Kecamatan Puring, Kamis (6/6) lalu pukul 15.15 wib. Seorang selamat dan dua orang lain dilaporkan hilang dan belum ditemukan.

Korban selamat  diketahui bernama  Fauzan Izni  (15), warga  Desa Purwodadi RT 02 RW 01 Kecamatan Kuwarasan, Kebumen.  Sedangkan dua korban  hilang bernama Supriyatno  (39)  dan Arya Wijaya Kusuma (16), keduanya  warga Desa Purwodadi, Kecamatan Kuwarasan.

Peristiwa itu bermula sekitar pukul 15.15 wib, saat rombongan keluarga dari Desa Purwodadi  mandi di laut. Salah satu orang terseret ombak dan dua orang keluarganya berusaha menolong. Namun keduanya tidak bisa menyelamatkan dan akhirnya ikut terseret.

Waspada

Pada kesempatan itu Wakil Bupati pun menyambut baik kehadiran warga Kebumen di perantauan dengan datangnya Idul Fitri dan Lebaran. Mereka bisa berkumpul bersama keluarga merayakan Lebaran sembari menikmati berbagai objek wisata andalan di Kebumen.  Baik wisata alam seperti Pentulu Indah di Karangsambung maupun wisata pantai seperti Pantai Suwuk, Laguna di Lembupurwo Mirit dan Pantai Menganti, Ayah.

Namun Arif Sugiyanto mengingatkan para pengunjung pantai Kebumen agar berhati-hati. Mengingat kondisi  pantai selatan dengan ombak besar sangat membahayaka. Bahkan pantai Kebumen tidak bisa dipakai untuk bermain ombak maupun mandi dan berenang.

“Saya mengimbau orang tua agar mengingatkan keluarganya saat di pantai harus waspada. Jangan sampai mandi atau berenang di laut,”ujar wakil Bupati.

Dia pun mengimbau masyarakat selama Lebaran dan syawalan yang menggunakan jalan raya dengan kendaraan roda dua dan roda empat tetap berhati-hati dan waspada di jalan. Mengingat masyarakat selama Lebaran dan syawalan banyak bepergian di jalan raya dengan mengendarai kendaraan bermotor. Apalagi kondisi jalan raya di Kebumen saat ini padat akibat lonjakan arus balik.

Suarabaru/id.Komper Wardopo