blank

Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto didampingi Kepala Dishub HR Ageng Sulistyo Handoko meninjau Posko Pelayanan PMI di Desa Kaliputih, Kutowinangun.(Foto:Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN –  PMI Kabupaten Kebumen selama Lebaran 2019 mendirikan Pos Pelayanan Pertolongan Pertama di Jalan Raya Desa Kaliputih, Kutowinangun. Posko tersebut menyediakan kopi dan minuman gratis serta makanan ringan bagi pemudik.

Kepala Markas PMI Kabupaten Kebumen Eko Purwanto SE yang dihubungi kemarin menuturkan, pos pelayanan PMI  dibuka sejak 29 Mei hingga 12 Juni mendatang dan telah ditinjau Wakil Bupati H Arif Sugiyanto serta tim Pemda. Pos tersebut kerjasama PMI dengan Kwarcab Pramuka Kebumen dan ORARI Lokal Kebumen,

Dia jelaskan, Posko Pelayanan PMI tiu menempati Gedung BKAD Kecamatan Kutowinangun di Jalan Raya Kebumen-Kutowinangun Km 10 Desa Kaliputih, Kutowinangun. Lokasinya dipilih sebaga area yang rawan kecelakaan lalu-lintas dan jauh dari pelayanan posko yang lain.

Menurut Eko,  Posko Pelayanan terpadu PMI Kebumen itu juga menyediakan mobil ambulans siaga 24 jam, rest area dan parkir, tempat istirahat. Bahkan disediakan minuman teh dan kopi serta makanan ringan gratis bagi yang beristirahat. Selain itu juga menyediakan toilet dan petugas piket setiap hari dibagi tiga shift, yaitu personil sukarelawan PMI 4 orang, ORARI 2 orang dan Pramuka 2 orang.

“Hari kedua Lebaran ini kami sudah buka kembali dan hanya istirahat sehari pada Rabu kemarin atau pas Hari Raya. Bagi pemudik atau pengguna jalan yang lelah silahkan beristirahat di pos kami,”jelas Eko Purwanto.

Dia menambahkan, untuk pelayanan PMI sehari-hari juga mendirikan Posko PMI di Gedung Markas Jalan Arungbinang No 18 Kebumen.  Posko di Markas PMI selalu diisi petugas piket 24 jam.  Posko tersebut memberikan informasi layanan PMI melalui jaringan media sosial, informasi stok darah setiap saat, prakiraan cuaca, pertolongan pertama serta armada yang di miliki PMI berikut sarana kerja.

Kepala UTD PMI Kebumen dr H Bambang Suryanto MKes menambahkan, setiap hari pihaknya menyediakan stok ketersediaan darah sehat untuk semua golongan darah. Bahkan sebelum Puasa pihaknya telah mengadakan donor darah massal. Selama Puasa mobil unit keliling melakukan pengambilan darah ke masjid atau lokasi yang telah dijadwalkan pada malam hari guna menjamin stok darah.

Suarabaru.id/Komper Wardopo