blank

Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz memberikan sambutan saat buka puasa bersama insan media.  

KEBUMEN –  Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memperbaiki semua jalan yang berlubang sebelum Lebaran agar masyarakat bisa merayakan Idul Fitri 2019 dengan lancar.

Hal itu ditegaskan Bupati Kebumen saat acara Buka Puasa Bersama dengan Insan Pers di RM Momong Resto Jl  HM Sarbini Jumat (31/5) petang. Sehabis buka bersama dilanjutkan Salat Magrib dan dialog Bupati didampingi para Kepala OPD terkait persiapan Pemkab menghadapi Lebaran, dipandu Kabag Humas Setda Drs Budi Suwanto MSi.

Acara dihadiri Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede, Dandim 0709 Letkol Inf Zamril Philiang, Wakil Ketua DPRD Miftahul Ulum, Sekda H Ahmad Ujang Sugiono SH dan Asisten Sekda Drs H Hery Setyanto. Para kepala OPD yang hadir antara lain Plt Kepala DPUPR  Muhamad Arifin SSi MT,  Kepala Dishub RAI Ageng Sulistyo Handoko SIP, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata H Azam Fatoni SH MSi.

Menurut Bupati, pihaknya meminta kepada DPUPR agar menutup atau memperbaiki semua jalan yang rusak dan berlubang sebelum Lebaran. Demikian pula untuk menghadapi arus mudik dan balik,  semua rambu jalan harus tersedia, termasuk kesiapan angkutan Lebaran.

Bupati pun menaruh kepercayaan penuh kepada Kapolres Kebumen dan jajarannya  dalam mengamanknan Lebaran di jalan raya maupun di tempat wisata. Dia berharap dengan persiapan yang baik masyarakat akan bisa merayakan Lebaran dengan aman dan tenang.”Pemkab  mendukung penuh kinerja jajaran Polres.  Sabtu besok saya dan Forkompinda akan mengecek persiapan  Lebaran di semua jalur dan kita bentuk dua tim,”tegas bupati.

Sekretaris Dinas PUPR yang juga Plt Kepala Dinas PUPR Muhamad Arifn menyatakan, pihaknya telah menangani kerusakan jalan sepanjang 54,9 Km dengan tambal sulam dan urukan. Khusus ruas Jalan Guyangan-Petanahan sudah dilakukan tambal sulam dan diratakan. Demikian pula kerusakan jalan Puring dari Kalitengah Gombong ke selatan juga telah ditambal dan diperbaiki.

“Perbaikan permanen dua ruas jalan itu akan dilakukan setelah Lebaran. Mudah-mudahan lelang lancar dan segera bisa kita tangani pascalebaran,”ujar Arifin.

Kepala Dishub RAI Ageng Sulistyo Handoko menjelaskan, guna menghadapi arus mudik dan arus balik serta libur Lebaran, pihaknya telah menyiapkan 723 angkutan. Terdiri atas angkutan kota dalam provinsi (AKDP), angkutan kota antar provinsi (AKAP), angkutan pariwisata, antar jemput antar provinsi (AJAP) atau travel.

Menurut penuturan Ageng, dari pemantauan Dishub Kebumen  selama tiga hari terakhr (29-31/5) jumlah arus mudik yang melalui Kebumen untuk sepeda motor sebanyak 35.785, mobil pribadi 26.411, bus besar 2.894, bus sedang 724 dan mobil angkutan barang 637.

(suarabaru.id/war)