blank
Antisipasi macet di Jalan Pemuda, Dishub Kota Magelang melakukan rekayasa tempat parkir kendaraan, Parkir mobil yang semula serong 30 derajat menjadi sejajar dengan jalan, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG-Dinas Perhubungan Kota Magelang melakukan rekayasa tempat parkir di sepanjang  kawasan pertokoan Jalan Pemuda. Parkir sepeda motor yang semula  di pinggir jalan, dipindah masuk ke trotoar sebelah timur (kiri). Parkir mobil diubah yang semula  serong 30 derajat, menjadi  nol derajat atau sejajar satu lajur.

‘’Rekayasa parkir kendaraan bermotor dilakukan agar  menjelang  dan setelah Lebaran  tidak terjadi kemacetan,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang, Suryantoro, Jumat (31/5).

Dia menerangkan, rekayasa parkir di sepanjang Jalan Pemuda diberlakukan sejak Rabu (29/5) hingga H+5 lebaran atau  10 Juni  2019. Langkah itu untuk mengantisipasi
peningkatan kendaraan serta memperlancar arus lalu lintas di  sepanjang jalan tersebut, khususnya  saat libur lebaran.

‘’Kebijakan rekayasa parkir sudah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, dan hasilnya  cukup maksimal dalam mengurai kemacetan di kawasan itu,’’ tuturnya didampingi Kabid Lalu Lintas dan Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Magelang, Candra Wijatmiko Adi.

Candra menerangkan, untuk  parkir sepeda motor menggunakan sebagian trotoar di sisi kiri Jalan Pemuda, tidak menganggu para pejalan kaki maupun pengemudi becak.
Karena, parkir sepeda motor tersebut hanya  satu deret.

‘’Jadi tidak mengganggu pejalan kaki maupun becak. Karena lebar trotoar 3 meter dan  yang digunakan untuk parkir sepeda motor hanya 1,5 meter,’’ ujarnya.

Dia juga berharap pada masa liburan Lebaran Jalan  Pemuda  tidak terjadi kemacetan yang serius. Karena,  pihaknya terbantu dengan rekayasa lalu lintas yang telah dilakukan beberapa waktu lalu , dengan memfungsikan Jalan Pajajaran satu arah ke barat  hingga perempatan Pasar Tukangan.

Dengan dibukanya Jalan Pajajaran dari arah Jalan  Pemuda ke Jalan Tentara Pelajar satu arah, maka semua kendaraan bermotor yang datang dari  Jalan Tentara Pelajar tidak bisa menuju Jalan Pemuda. Sesampainya di  perempatan Pasar Tukangan dibelokkan ke kanan menuju Jalan Jenggala. (hms)

Editor : Doddy Ardjono