blank
Waup Wonogiri, Edy Santosa (kanan) dan Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno (berpeci) menerima penghargaan predikat opini WTP dari Kepala BPK Perwakilan Jateng, Ayub Amali (kiri).

WONOGIRI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri, Selasa (28/5), kembali menorehkan prestasi dalam hal pengelolaan keuangan. Pasalnya, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Wonogiri untuk Tahun 2018, memperoleh predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). ”Ini merupakan capaian prestasi opini WTP keempat kalinya, yang secara berturut-turut diterimakan kepada Pemkab Wonogiri,” tegas Kabag Humas Pemkab Wonogiri, Haryanto.

Predikat opini WTP bagi Pemkab Wonogiri, berhasil diraih selama empat tahun berturut-turut, yakni Tahun 2015, 2016, 2017 dan Tahun 2018. Penghargaan predikat opini WTP Tahun 2018, Selasa (28/5), diserahkan oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Tengah (Jateng), Ayub Amali, di Semarang. Penyerahannya dilakukan, bersamaan dengan penyerahan predikat opini WTP kepada 26 Bupati Kepala Daerah (KDH) di Jateng.

Bupati Wonogiri diwakili Wakil Bupati (Wabup) Edy Santosa, Selasa (28/5), hadir untuk menerima penyerahan predikat opini WTP tersebut di Kantor BPK Perwakilan Jawa Tengah di Semarang. Wabup hadir bersama Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno. “Capaian predikat opini WTP ini bukan merupakan hadiah pemberian dari BPK, tapi buah dari kerja keras seluruh jajaran kepala daerah bersama instansinya,” tegas Kepala BKP Perwakilan Jateng, Ayub Amali. Diharapkan, dengan diperolehnya predikat opini WTP ini, bisa menjadi penambah semangat kerja di tahun-tahun berikutnya. Menurut Ayub Amali, begitu ini disampaikan kepada lembaga legislatif, maka laporan keuangan menjadi bersifat terbuka, dan masyarakat berhak untuk mengetahuinya.

Selanjutnya, tambah Ayub Amali, segala permasalahan harus ditindaklanjuti oleh Pemda maksimal dalam waktu 60 hari, dan oleh DPRD untuk dibahas sesuai kewenangannya. Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri, Setyo Sukarno, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas kinerjanya, sehingga memperoleh predikat opini WTP. ”Terutama terima kasih kepada Bupati Wonogiri, yang telah tampil menjadi manajer yang baik dalam melakukan tata kelola keuangan Pemkab Wonogiri, sehingga kita bisa melaksanakan APBD dengan sebaik-baiknya, dan kembali memperoleh predikat opini WTP,” tegas Setyo Sukarno.

Sementara itu, Wabup Edy Santosa, mengapresiasi prestasi ini dengan mengucap rasa syukur, karena Wonogiri telah empat kali meraih WTP secara berturut-turut. ”Harapan kami, prestasi ini bisa untuk tetap dipertahankan lagi di tahun-tahun mendatang,” tandasnya. Berkaitan dengan adanya catatan-catatan kecil yang disampaikan BPK, yang itu merupakan peringatan bagi kita, hendaknya mendapat perhatian yang serius, sehingga harapannya ke depan sudah bebas dari catatan-catatan.(suarabaru.id/bp)