blank
Qomarul Huda, Direktur PDAM Demak. 
DEMAK – Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM) Demak menyatakan pasokan air bersih ke 50 ribu pelanggan tetap tercukupi meski saat ini hingga lebaran nanti masih dalam masa kemarau.
Qomarul Huda,  Direktur PDAM Demak,  Hari ini,  Senin (27/5/2019) menyatakan selama ini sumber utama air berasal dari Sungai Tuntang. “Kapasitas produksi air bersih PDAM Demak, 600 liter per detik sedangkan pemanfaatannya hanya 550 liter per detik. Artinya,  PDAM Demak masih surplus air bersih sebanyak 50 liter per detik,” ungkap Qomarul Huda.
.
Direktur PDAM Demak juga menerangkan, survei internal PDAM, untuk kebutuhan air bersih bagi pelanggan rumah tangga per bulan kira kira 18 – 20 meter kubik.
“Rinciannya,  air bersih untuk makan minum 3 meter kubik per bulan,  sedangkan untuk keperluan mandi cuci dan kebersihan lain sebanyak 17 meter kubik per bulan. ” Terangnya.
Jika dihitung perhari,  50 ribu pelanggan PDAM Demak mendapatkan aliran air bersih sebanyak 47.520 meter kubik.
Hingga saat ini,  dari 14 kecamatan di Demak,  baru 9 kecamatan yang sudah menikmati layananan PDAM Kecamatan Sayung, Kebonagung, Dempet dan Gajah belum terlayani karena berbagai pertimbangan.
suarabaru.id/ Kusfitria Marstyasih