blank
Sejumlah anggota TNI dari Kodim 0707/Wonosobo mengikuti kegiatan safari ramadan di Makodim setempat. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-Selama bulan ramadan, kegiatan yang bersifat keagamaan digelar jajaran Kodim 0707/Wonosobo. Acara safari ramadan tersebut dihelat dalam rangka menyemarakan bulan yang penuh berkah dan meningkatkan iman dan taqwa anggota TNI di Wonosobo.

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli SE mengatakan kegiatan keagamaan yang dilakukan jajaran anggota TNI antara lain tarawih keliling dan kuliah tujuh menit, buka bersama dengan kaum dhuafa, donor darah dan peringatan Nuzulul Quran.

“Safari ramadan melibatkan seluruh anggota TNI di Kodim 0707, Persit Candra Kirana, personil Pramuka Wira Kartika. Selain mempererat tali silaturrahmi, safarai ramadan diharapkan bisa meningkatkan amal ibadah bagi anggota TNI”, katanya, Senin (27/5).

Di bulan suci tersebut, Dandim 0707 Letkol Czi Fauzan Fadli SE mengajak seluruh jajaran personil TNI dan mitra yang ada untuk selalu bersyukur akan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Karena tanpa nikmat yang diberikan Yang Kuasa, semua tidak bisa berpuasa.

“Wujud syukur tersebut harus diimplementasikan dengan selalu menjalankan ibadah puasa dan meningkatkan ibadah sunnah selama bulan ramadan. Selalu memberikan sedekah kepada orang lain yang membutuhkan”, ajaknya.

Donor Darah

Terkait dengan pelaksanaan donor darah di bulan puasa, Fauzan Fadli menyebut merupakan perbuatan yang sangat mulia. Karena, saat ini, banyak sekali pasien di rumah sakit membutuhkan bantuan darah bagi kesehatannya.

“Semoga darah yang disumbangkan anggota TNI dan masyarakat umum yang lain dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan. Yakinlah tiap tetes darah disumbangkan ke orang lain hanya Sang Maha Pencipta yang dapat membalasnya,” ujar Fauzan Fadli.

Sementara itu, Sersan Sujarwo dalam kultum sebelum berbuka puasa mengajak semua yang hadir untuk mengamalkan dan mengajarkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari dan meneladani apa yang telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

“Alquran merupakan kitab suci yang menjadi tuntunan agar manusia selamat di dunia dan akherat akhirat. Maka segala perbuatan dan perilaku umat, hendaknya berpedoman pada Alquran dan sunah Rasul,” serunya.

Selain itu, sebutnya, sebaik-baiknya tauladan adalah seperti yang dicontohkan junjungan Nabi Muhammad SAW. Al Qur’an yang menjadi kitab suci umat Islam diturunkan oleh Allah pada bulan ramadan. Sehingga bulan ramadan merupakan bulan yang istimewa.

Dalam menyambut Idul Fitri, jajaran anggota TNI di Wonosobo juga siap siaga bersama personil keamanan yang lain dari Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Sat Linmas untuk ikut melakukan pengamanan pada masyarakat yang akan menikmati lebaran. SuaraBaru.id/Muharno Zarka