Bagikan
Lionel Messi/dok

SEVILLE – Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu membela pelatih Ernesto Valverde atas kekalahan timnya. Dia menegaskan kegagalan ini bukan kesalahan entrenador 55 tahun itu. Barca tak mampu menyabet Copa del Rey selepas menyerah 1-2 kepada Valencia dalam partai puncak di Stadion Benito Villamarin, Seville, Minggu (26/5) dini hari WIB. Dua gol pasukan Kelelawar Hitam dicetak Kevin Gameiro dan Rodrigo pada babak pertama. La Blaugrana hanya membalas sekali melalui aksi Lionel Messi. Dengan hasil itu, Los Azulgrana mampu merengkuh satu gelar musim ini, yakni kampiun Liga Primera Spanyol (LaLiga). Di Liga Champions, Los Cules disingkirkan Liverpool dengan agregat 3-4.

Meski dalam posisi tertekan, Valverde tetap didukung Bartomeu. Menurut sang ketua, mantan pelatih Athletic Bibao ini masih diberi kesempatan memegang tim untuk musim depan. ”Ini bukan saat yang tepat untuk menjelaskan apa yang akan terjadi. Valverde masih terikat kontrak dengan kami,” ujar Bartomeu. Dia kemudian menambahkan, “Kami sebenarnya memiliki banyak peluang, tapi bolanya enggan masuk ke gawang.”

Kekalahan dari El Che dikaitkan dengan buruknya mental pemain setelah kegagalan di semifinal Liga Champions. Namun, hal itu dibantah Valverde. “Ini bukan karena isu mental pemain. Kenyataannya kami memang kalah,” ungkapnya. Valverde mengaku kecewa lantaran gagal memenuhi harapan. Asa untuk memenangi titel ganda pun tak mampu direalisasikan.

Sementara Pelatih Valencia Marcelino Garcia Toral menyatakan sangat bahagia karena berhasil membawa Daniel Parejo dan kolega menjuarai Copa del Rey. Ini merupakan prestasi tertinggi dalam kapasitasnya sebagai juru racik tim. Trofi ini sekaligus mengakhiri puasa gelar El Che. Los Ches kali terakhir menggondol titel juara pada musim 2007-2008 di ajang Copa del Rey.

“Ini adalah malam yang tak terlupakan bagi saya, para pemain, dan suporter. Tiga atau empat bulan lalu kami tidak bisa membayangkan ini, tapi kami layak mendapatkannya,” tutur Marcelino. “Ini adalah hari paling bahagia dalam karier saya, dan saya ingin berterima kasih kepada keluarga dan semua orang yang terlibat dengan Valencia,” tandasnya. (rr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here