blank
Matthijs de Ligt/dok

MANCHESTER – Peluang Manchester United (MU) untuk menyalip Barcelona dalam perburuan Matthijs de Ligt semakin besar. The Red Devils punya kans lebih bersar dibandingkan Barcelona. Sebelumnya, kapten Ajax Amsterdam itu dikaitkan dengan Barca. Namun, kubu klub Catalan dikabarkan menemui jalan buntu dalam proses negosiasi.

MU dilaptkan bakal menyalip dan siap melakukan penawaran sebesar 70 juta pound (sekitar Rp 1,28 triliun). Agen De Ligt, Mino Raiola, meminta kompensasi transfer sebesar 12 juta pound. Situasi itu yang menjadi celah Setan Merah untuk mendatangkan bek tengah berbakat ini. MU memenuhi permintaan Raiola yang meminta De Ligt dibayar 350 ribu pound (Rp 6,4 miliar) per pekan plus biaya kompensasi yang besar untuk sang agen.

De Ligt menjadi pemain muda paling diburu pada bursa transfer musim panas kali ini. Penampilan apiknya bersama Ajax menjadi penyebab Barca, MU, Manchester City, dan Juventus berebut mendatangkannya. Pemain yang masih berusia 21 tahun itu memimpin Ajax menjuarai Eredivisie dan Piala Belanda. De Amsterdammers juga dibawanya sampai ke semifinal Liga Champions dengan menyingkirkan para raksasa seperti Real Madrid dan Juve pada fase gugur. (rr)