blank
Salah satu titik ruas jalan nasional Blora-Cepu dalam proses pembersihan dan penataan jelang Lebaran 1440 Hijriyah. (Foto : Wahono)

BLORA –  Semua pelaksanaan pekerjaan proyek jalan dan jembatan dibawah Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, H-7 Lebaran 1440 Hijriyah, dihentikan secara menyeluruh.

“Untuk kelancaran dan kenyamanan Lebaran, semua pekerjaan jalan dihentikan,” jelas Kapolres Blora AKBP Antonius Anang melalui Kasat Lantas AKP Edy Sutrisno, Minggu (26/5).

Menurutnya, permintaan penghentian semua proyek jalan-jembatan, dan penataan jalur, sudah dimulai H-15 Lebaran, H-10 mulai pembersihan semua alat berat, dan H-7 semua jalur beres.

Satlantas Polres Blora menenempuh kebijakan tersebut, tidak lain untuk progres Lebaran yang aman, nyaman dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas (laka lantas), tambah AKP Edy Sutrisno.

Pekerjaan jalan nasional, provinsi dan kabupaten di wilayah Blora dihentikan secara menyeluruh pada H-7 hingga H+7 Lebaran, antara lain perbaikan rigid pavement (cor beton/teknik kaku).

Sudah Bersih

‘’Selain itu, pembangungan drainase, talud, jembatan dan perawatan sudah harus dihentikan, sehingga H-7 Lebaran semua jalur benar-benar sudah bersih dan siap,’’ kata AKP Edy Sutrisno.

Menurut Kasat Lantas Polres Blora, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga, dan para pimpinan proyek (pimpro).

Ditambahkan, dengan program penghentikan proyek jalan-jembatan  H-7 sebelum Lebaran, dinilainya cukup untuk memulihkan kondisi jalan dan jembatan yang sebelumnya masih dalam pekerjaan.

Jalur-jalur yang dikonsentrasikan untuk arus mudik dan balik, masing-masing jalan nasional Blora-Rembang, Blora-Cepu, jalan nasional Blora-Grobogan, dan jalan lingkar luar Cepu-Randublatung-Doplang.

“Besok H+10 Lebaran, pekerjaan proyek jalan dan jembatan sudah bisa dimulai kembali,” jelas AKP Edy Sutrisno.

Kepala BPT Bina Marga wilayah Purwodadi, Barkah Widiharsono menambahkan, di titik-titik pekerjaan tidak hanya dihentikan, tapi harus dibersihkan agar lalu lintas Lebaran aman dan nyaman.

“Pekerjaan jalan-jembatan di wilayah kerja kami Blora, Grobogan, Sragen, H-7 Lebaran sudah bersih,” kata Barkah Widiharsono. (Suarabaru.id/Wahono).