blank

Perbaikan jalan dengan sistem tambal sulam. (Foto Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro)

 

KOTA MUNGKID – Agar arus mudik lancar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR)Kabupaten Magelang melakukan perbaikan kerusakan di semua ruas jalan. Dijadwalkan H-10 Lebaran sudah selesai.

“Perbaikan dengan sistem tambal sulam yang diprioritaskan pada ruas jalan kabupaten yang memiliki tingkat kepadatan arus kendaraan tinggi. Termasuk jalur alternatif,” kata Ir Heriyanto MT, Kepala DPUPR Kabupaten Magelang, Jumat (24/5).

Kebijakan itu didasari beberapa pertimbangan, antara lain membantu kelancaran arus mudik dan arus balik selama masa Lebaran 2019. Karena itu perbaikan harus sudah selesai sebelum arus mudik.

Kabid Bina Marga, Ir Wahyudi Purwantoro MT, menyebutkan, 34 ruas jalan menjadi target perbaikan. Terutama ruas jalan yang menghubungkan antarwilayah kecamatan, bahkan antarkabupaten.

Sumber biayanya, sebagian dana pemeliharaan rutin APBD 2019 Rp 5,6 miliar. Perbaikan tambal sulam dimulai sejak pertengahan April 2019. Sekarang, tinggal menyelesaikan beberapa ruas jalan.

Yakni, ruas jalan Tonoboyo-Kalegen di Kecamatan Bandongan dan jalur Borobudur-Meteseh.

Kasi Operasi dan Pemeliharan Jalan dan Jembatan, Priyo Suwarso, menambahkan,  pemasangan box cluvert (kotak besar dari beton udit) untuk mengganti gorong-gorong yang amblong di Daleman, Pakis. (Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro)