blank
Petugas terlihat tengah melakukan pemasangan RPPJ di simpang Tiga Faroka di jalan Brigjen Slamet Riyadi dan Jalan Dr Suharso Solo, Selasa (21/5). (Foto: Adji W)

SOLO-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta memasang ratusan Rambu Pengarah Penunjuk Jurusan (RPPJ)  di wilayah setempat. Pemasangan RPPJ  menjelang masa Lebaran  dimaksudkan memberikan informasi kepada pengguna jalan raya sekaligus mengantisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan arus lalu-lintas dlam kota Surakarta.

“Diperkirakan bakal terjadi peningkatan arus lalu lintas di kota Surakarta sekitar 7,5 persen selama berlangsungnya arus mudik dan balik Lebaran”, kata Ketua Penyelenggara Angkutan Lebaran 2019 Surakarta, Taufik Muhammad, Selasa (21/5).

Taufik Muhammad yang juga  menjabat  Kabid Angkutan Dishub Surakarta saat ditemui di simpang tiga Faroka Solo membeberkan,  saat ini telah disiapkan 130 RPPJ  yang akan dipasang  pada titik yang telah ditetapkan. Di antaranya diseluruh titik persimpangan baik dipintu masuk kota Solo dari arah Barat, Timur, Utara dan Selatan.

Melalui cara ini pengguna jalan dalam rangka arus mudik atau balik bisa melewati Surakarta tanpa harus memasuki kota.   Sebagaimana diketahui,. Kota Surakarta merupakan lintasan pada arus mudik maupun balik bagi pemudik  dari arah Jakarta ataupun Surabaya yang hendak ke Wonogiri, Pacitan, Bantul dan Yogyakarta.

Ratusan RPPJ yang dipasang merupakan hasil Corporate Social Responsibility (CSR). Proses pemasangan akan berlangsung selama dua hari dan akan digunakan hingga berakhirnya masa Lebaran 2019 . Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan arus pada masa lebaran Dishub telah menyiapkan sejumlah skema pengalihan arus.

Untuk itu disiapkan pula barikade terbuat dari besi dan siap dipasang disejumlah titik seperti di Jalan Adi Sucipto, Slamet Riyadi dan lainnya, terangnya.

Suarabaru.id/Adji W