blank
RAKOR : Bupati Blora H. Djono Nugroho, berpesan kepada Camat, Kades, pendamping PKH, Bhabinkamtibmas dan Babinsa mengawal penyaluran ayam Joper. Foto : Hms-Setbla

BLORA– Ribuan rumah tangga miskin (RTM) di Kabupaten Blora, tidak lama lagi, akan menerima bantuan ternak ayam Jowo Super (Joper) dari Kementerian Pertanian.

Bantuan ayam Joper yang dikelola Balai Besar Veteriner Wates, dibahas intens di forum Koordinasi Pengembangan Unggas pada Kegiatan Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA), Senin (20/5).

Kepala Balai Besar Veteriner Wates, Bagoes Poermadjaja, menyampaikan bahwa program BEKERJA yang sedang dibahas berupa pengembangan ternak unggas untuk RTM.

Untuk ayam Joper, jelasnya, merupakan salah satu bentuk dukungan Kementerian Pertanian dalam hal pengentasan kemiskinan di daerah, antara lain di Kabupaten Blora.

Sebelum penyaluran ayam Joper, dilakukan rapat koordinasi di pendapa kabupaten, dihadiri Bupati H. Djoko Nugroho, jajaran Forkopimda, pejabat Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Bagoes, program BEKERJA untuk peningkatan produksi komoditas pertanian dan peternakan guna mengatrol pendapatan masyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan.

“Program ini untuk pengertasan kemiskinan, dan pemberdayaan masyarakat miskin,” kata Kepala Balai Besar Veteriner Wates, Bagoes Poermadjaja.

Desa Miskin

Dijelaskan, kegiatan ini berasal dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, yang dalam pelaksanaannya diserahkan kepada kami di Balai Besar Veteriner Wates.

Menurutnya bantuan diberikan kepada 9.953 RTM di Kabupaten Blora, yang mana setiap RTM akan menerima 50 ekor ayam Joper, pakan, obat-obatan dan pelatihan pembuatan kandangnya secara gratis.

“Totalnya ada 497.650 ekor ayam yang dibagikan kepada RTM di Blora, dan masing-masing RTM akan didampingi untuk pengembangannya,” kata Bagoes.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora, Gundala Wijasena, menjelaskan bantuan program BEKERJA ini akan diprioritaskan untuk desa-desa miskin.

“Kuota untuk 9.953 RTM ini, akan kita salurkan ke 17 desa miskin baik Desa Miskin Kategori I dan Desa Miskin Kategori II,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Djoko Nugroho, menyambut positif program BEKERJA yang diberikan Kementerian Pertanian untuk Blora melalui BB Vet-Wates.

Menurut Bupati, ini program yang bagus dan harus didukung penuh agar sasaran

pengentasan kemiskinan di Kabupaten Blora benar-benar tercapai.

Bupati berpesan, para Camat, Kades, pendamping PKH, Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus sinergi agar program terlaksana dengan baik, tepat sasaran dan mengurangi kemiskinan hingga dua digit, harapnya.

Suarabar.id/Wahono.