blank
Dua sepeda motor yang ditinggal pemiliknya parkir di trotoar Jalan Pemuda, Kota Magelang, diangkut petugas Operasi KTL, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Meski bulan puasa, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang tetap melaksanakan Operasi Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL). Jika hari biasa operasi dilaksanakan pagi hari, khusus bulan puasa pada sore hari.

‘’Selama Ramadan masyarakat banyak yang melakukan kegiatan pada sore hari. Untuk tempat buka puasa, menjual  takjil dan kegiatan lainnya diharapkan tetap tertib,’’ kata Kepala Bidang Lalu Lintas dan Perpakiran Dishub Kota Magelang, Candra Wijatmiko Adi, Jumat (17/5).

Dia menerangkan, pada Operasi KTL beberapa hari lalu masih ditemukan pelanggaran yang dilakukan masyarakat pada sore hari. Hal itu terlihat ketika Dishub melakukan operasi sore hari di Jalan A Yani (kawasan Alun-alun), Jalan Pemuda (Pecinan) dan Jalan Tidar.

Pada operasi tersebut, lanjut Candra, setidaknya dua unit sepeda motor tanpa pemilik diangkut oleh petugas,karena parkir di trotoar Jalan Pemuda.

‘’Berikutnya satu mobil ditilang di Jalan Tidar, dua mobil dan 6 sepeda motor ditempeli stiker tanda telah melakukan pelanggaran,’’ tegasnya sambil berharap, pelanggaran bisa ditekan. Karena pelanggaran biasanya merupakan awal dari kecelakaan.

Pada kegiatan itu Dishub menggandeng instansi lain. Yakni Satpol PP, Polres Magelang Kota dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Khusus untuk pedagang kaki lima (PKL) yang jual takjil, lanjut Candra, sudah ada zonasi yang ditentukan dan disepakati seperti di Jalan Tidar.

‘’Jika ada PKL yang berada di tempat yang tidak diperbolehkan kami akan tertibkan,’’ ungkap Candra. (hms)

Editor : Doddy Ardjono