blank

SEMARANG – Di usianya yang ke 55 tahun Fakultas Teknik Unissula semakin berkembang menjadi salah satu fakultas teknik terbaik di Indonesia. Para mahasiswa dapat kuliah di fakultas dari jenjang S1 hingga doktor. Adapun pilihan kuliahnya juga beragam yakni Planologi (S1) yang terakreditasi B, Teknik Sipil (S1) yang terakreditasi B, Magister Teknik Sipil (S2) terakreditasi yang terakreditasi A, serta Program Doktor Teknik Sipil  (S3) yang sudah beroperasi sejak tahun akademik 2016.

Teknik Sipil (S1)

Teknik Sipil adalah disiplin ilmu teknik yang bisa dijelaskan sebagai aplikasi dari teknik ke dalam komunitas sipil. Teknik Sipil mengaplikasikan prinsip-prinsip teknik untuk memenuhi kebutuhan dasar komunitas dalam hal perumahan, transportasi, sanitasi dan kebutuhan lain dalam komunitas modern. Teknik Sipil berhubungan dengan perancangan, konstruksi dan pemeliharaan bangunan fisik dan lingkungan termasuk jalan, jembatan, kanal, bendungan dan bangunan serta tantangan lainnya seperti memburuknya infrastruktur, isu lingkungan yang kompleks, sistem transportasi yang sudah ketinggalan jaman dan bencana alam.

Pendidikan Teknik Sipil menyiapkan mahasiswa untuk menjadi seorang perencana, perancang, konstruktor, dan manajer dari berbagai pekerjaan teknik sipil. Teknik sipil bekerja pada semua tingkatan seperti pada sektor umum dari pembangunan kota hingga pembangunan nasional dan sektor privat dari kepemilikan pribadi hingga perusahaan multinasional. Adapun prodi Teknik Sipil Unissula dalam penyelenggaraan pendidikannya selalu mengedepankan nilai-nilai Islam sesuai dengan visi misi Unissula.

Planologi (S1)

Planologi adalah bidang ilmu yang mendalami perencanaan suatu ruang baik dalam skala kota, wilayah, desa maupun suatu kawasan. Untuk mempelajari bidang keilmuan ini haruslah didukung oleh mahasiswa yang suka berimajinasi, kreatif, senang membaca buku, tanggap terhadap masalah-masalah sistem keruangan yang sering ditemui seperti masalah banjir, kemacetan lalu lintas, masalah tempat pembuangan akhir sampah, dan lain-lainnya. Masalah-masalah tersebut muncul karena reaksi dari letak dan lokasi dalam suatu sistem ruangnya, maka teknik planologi lebih menekankan pada letak dan lokasi dalam suatu ruang tersebut.

Planologi Unissula berbeda dengan planologi yang ada di beberapa perguruan tinggi yang lainnya karena letak dan lokasi yang dipelajari harus dapat dilihat dalam perspektif nilai-nilai  Islam dan kearifan lokal. Dengan demikian maka materi kuliah di planologi Unissula didesain agar dapat mendukung pemahaman mahasiswa sesuai dengan visi bismillah membangun generasi khaira ummah.

Magister Teknik Sipil (S2)

Prodi Magister Teknik Sipil Unissula didirikan tahun 2.000 dan memiliki pengalaman panjang dalam  dunia pendidikan di bidang teknik sipil. Prodi tersebut memiliki staf pengajar profesional dan ahli di bidangnya. Didukung dengan sistem pembelajaran yang modern dan menarik dengan fasilitas yang lengkap serta memadai. Hal lain yang menjadi daya tarik prodi ini adalah peluang kerjanya yang masih terbuka sangat luas.

Prodi Magister Teknik Sipil Unissula menyelenggarakan perkuliahan dengan biaya pendidikan terjangkau. Prodi yang berada di rumpun Fakultas Teknik ini memiliki sistem pengajaran yang dititik beratkan untuk mencetak ahli menegerial. Para lulusan diharapkan lebih ahli dipelaksanaan konstruksi sesuai dengan konsentrasinya, yaitu managemen rekayasa konstruksi, rekayasa transportasi, dan managemen rekayasa sumber daya air.

Menyelenggarakan perkualiahan yang disiplin sehingga memungkinkan mahasiswa dapat lulus dalam waktu 18 bulan. Para mahasiswanya juga beragam bukan hanya dari dalam negeri juga luar negeri.

Doktor Teknik Sipil (S3)

Salah satu program unggulan di Fakultas Teknik yaitu Program Doktor Teknik Sipil (S3) yang sudah resmi beroperasi sejak tahun akademik 2016. Keberadaan prodi ini sangat strategis dalam menghasilkan SDM handal ilmu teknik. Prodi ini semakin memperkuat tradisi penelitian dan publikasi di kampus Unissula. Melalui berbagai penelitian diharapkan dapat melahirkan kreatifitas dan inovasi. Karena kedua hal tersebut merupakan nilai tawar tak terbantahkan di tingkat internasional.

Prodi ini berusaha memberikan layanan pendidikan terbaik dengan tenaga pengajar yang sangat berpengalaman. Beberapa pengajarnya bahkan telah dipercaya mengajar diberbagai universitas di Eropa, dipercaya menjadi reviewer jurnal jurnal internasional, serta menghasilkan berbagai penelitian yang aplikatif. Berbagai keunggulan tersebut akan membuat perbedaan kualitas yang dapat menghantarkan para mahasiswanya di prodi ini untuk dapat meningkatkan kwalitasnya baik dari sisi akademik maupun dari sisi profesionalitasnya.

blank

 

Fasilitas Unggulan

Fakultas Teknik Unissula dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap yang mendukung proses belajar mengajar, yaitu: Gedung 3 lantai dengan ruang kelas yang memadai dan nyaman, Kelengkapan sarana pendukung pembelajaran (komputer, jaringan internet, LCD proyector, laptop, dan hot spot area), studio gambar, studio rumah produksi dan kelas bahasa Inggris

Memiliki pusat kegiatan mahasiswa dengan fasilitas seni, oleh raga, kajian ilmiah dan keislaman, memiliki 8 buah laboratorium dan 1 perpustakaan fakultas yang digunakan untuk mendukung proses perkuliahan maupun pengerjaan Tugas Akhir (TA), yaitu : Laboratorium Komputer, Laboratorium Ilmu Ukur Tanah, Laboratorium Geoteknik, Laboratorium Struktur dan Bahan, Laboratorium Transportasi, Laboratorium Manajemen Konstruksi, Laboratorium Hidrolika, Laboratorium Teknologi Tepat Guna, dan perpustakaan fakultas dengan koleksi buku, majalah ilmiah, jurnal, laporan penelitian dalam bentuk hardcopy maupun CD.

Kerjasama Internasional

Fakultas Teknik Unissula telah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas ternama di luar negeri, universitas dalam negeri dan beberapa perusahaan di bidang jasa konstruksi, diantaranya: Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Universite de Nantes Prancis, Rotterdam University of Applied Sciences (RUAS) Belanda, International Islamic University Malaysia dll. Melalui kerjasama internasional tersebut memudahkan Fakultas Teknik Unissula dalam mengimplementasikan berbagai program seperti student exchange, staff exchange, joint research dll.

blank
M Faqih Assidqi, M Fiko Prameswara, dan M Prasetyo juara

Para mahasiswa Fakultas Teknik Unissula memiliki berbagai prestasi menggembirakan. Diatara beberapa preastasi tahun 2018 antara lain:

  • Juara II Hatta Debat Competition di Belanda, 7 April, Brahmadi B dan Widya Utami B
  • Medali Perak, Lomba Paduan Suara di USM, 28 April, Tim Paduan Suara Firdaus Choir
  • Juara Lomba Kuat Beton Tingkat Nasional di Petra, 4-6 Mei,  Samsul Afif Rahman, Aristo Sofian dan Irwan Yulianto P
  • Mahasiswa Teknik mengikuti Asia Summer Programme ke Dongseo University 7-28 Juli
  • Juara Internasional Silat Paku Bumi Open di Bogor, 29 Agustus – 2 September, Ruba Ruba’i dan Bayu Ari Winarno
  • Juara I lomba Desain Jembatan Balza se Jateng – DIY, di UII, 22-23 September, Muhammad Prasetiyanto, M Faqih Assidqi dan M Fiko Prameswara,
  • Juara Tarung Derajat  Porprov Surakarta, 19-25 Oktober, Alfi Umniyyatin
  • Delegasi Indonesia debat youth PBB, di Thailand, 3-5 November, Brahmadi B
  • Meraih 2 Emas pada Lomba Paduan Suara, di Malaysia, 7-12 November, Firdaus Choir

Mari bergabung dengan Fakultas Teknik Unissula. Informasi pendaftaran www.pmb.unissula.ac.id. Hotline 081 220 110 62