blank
Seorang anggota Kontras membagikan takjil gratis kepada para pengendara, baik pengendara roda dua maupun roda empat. Kegiatan ini menjadi agenda rutin tahunan paguyuban sopir taksi online yang beroperasi di wilayah ini. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN – Para pengendara yang melintas di Jalan Gajahmada Purwodadi, tepatnya di sekitar Hotel Kyriad Grandmaster Purwodadi dikejutkan dengan penghentian dari kawanan laki-laki, Rabu (15/5) sore. Para pria tersebut bukanlah penjahat namun para sopir taksi online yang menamakan diri Paguyuban Komando Transportasi (Kontras).

Di jalur tersebut, para anggota Kontras ini memanfaatkan momen bulan Ramadan tersebut dengan berbagi takjil gratis kepada para pengendara. Hal tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan paguyuban yang bermarkas di sekitar jalan tersebut.

Rahmad Hidayat, anggota Kontras mengungkapkan, kegiatan ini sudah direncanakan secara matang oleh para pengurus sejak sebulan sebelum bulan Ramadan. Pria yang tinggal di Cengkrong ini mengungkapkan, pendanaan untuk kegiatan ini dilakukan dengan cara iuran sukarela yang dimasukkan ke dalam kas.

“Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadan dengan berbagi takjil gratis kepada para pengendara. Ini sudah pernah dilakukan tahun lalu. Tujuannya, selain berbagi, kami juga ingin terus mempererat tali silaturahmi agar bertambah kompak,” ujar ayah tiga anak ini.

Selain memberikan sebagian dari penghasilan mereka dengan kegiatan ini, para sopir tersebut juga tengah melakukan persiapan menjelang arus mudik Lebaran 2019 ini. Khususnya persiapan tenaga. Pasalnya, mereka memprediksi mobilisasi massa lewat arus mudik dan arus balik ini banyak dilakukan para perantau.

“Perkiraannya banyak perantau yang mudik ke Grobogan dengan naik bus atau kereta. Mereka kemungkinan akan sampai di sini pada jam-jam yang sudah tidak ada angkutan umum atau wilayah mereka sangat sulit dijangkau kendaraan umum sehingga saya pribadi maupun teman-teman tetap siaga 24 jam. Siap mengantar penumpang sampai ke tujuan,” pungkas Dayat.

suarabaru.id/Hana Eswe.