blank
 Kasubbag PPI dan PP, Anis Sudaryanto saat menerima unit komputer yang saat ini dipergunakan sebagai server aplikasi ini. Foto : dok.

GROBOGAN – Pemerintah Kabupaten Grobogan melalui Bagian Humas Setda Grobogan terus menyosialisasikan Aplikasi SiLaduT kepada masyarakat Kabupaten Grobogan. Sosialisasi tersebut berjalan hingga ke OPD dan 19 kecamatan di wilayah ini.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan agar masyarakat yang hendak melakukan aduan terhadap adanya pelayanan masyarakat yang dirasa kurang puas hasilnya dapat dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Kabag Humas Setda Grobogan Teguh Harjokusumo melalui Kasubbag PPI dan PP, Anis Sudaryanto mengatakan, program SMS Center ini dijalankan Bagian Humas Setda Grobogan sejak tahun 2012.

“Sebelumnya ada PPID yaitu Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang saat ini diambil alih Diskominfo. Pada awalnya masih manual karena para pengirim harus mengirimkan aduannya diterima Bagian Humas selaku pengelola dan kita lanjutkan ke OPD terkait.

blank
Kabag Humas Setda Grobogan Teguh Harjokusumo saat memberikan penjelasan terkait aplikasi SiLaduT melalui sosialisasi SMS Center di tingkat kecamatan beberapa waktu lalu. Foto: dok

Namun, untuk memperoleh jawaban atas pengaduan tersebut memakan waktu lama karena kami menggunakan mekanisme dengan surat resmi sehingga harus menunggu 3-4 hari setelah itu kami berikan jawabannya kepada masyarakat,” jelas Anis.

Pada tahun 2016, nomor SMS Center ini sempat tidak aktif dan mengharuskan untuk mengganti nomor baru. Dalam perkembangannya, Bagian Humas Setda Grobogan membuat aplikasi bernama SiLaduT yakni Sistem Informasi Layanan Aduan Masyarakat. Adanya aplikasi ini, seluruh pengaduan dari masyarakat dapat lebih cepat diterima oleh OPD terkait dan lebih efisien.

Anis menjelaskan, dalam perkembangannya aplikasi ini masih perlu perbaikan, terutama pada parameter aduannya sehingga dapat diverifikasi seluruh OPD dan perangkat kecamatan yang ada di Kabupaten Grobogan.

Karena itu, pihaknya melakukan sosialisasi dan simulasi ke berbagai OPD dan setiap kecamatan yang ada. Seperti yang dilakukan beberapa waktu lalu diantaranya di Kecamatan Penawangan, Kecamatan Toroh, Kecamatan Geyer dan Kecamatan Tawangharjo.

“Kami harap dengan aplikasi ini dapat terhubung ke semua OPD karena dapat diakses langsung melalui ponsel berbasis android, laptop, dan komputer yakni pada website grobogan.go.id/smscenter.

Aplikasi ini dapat menjadi komunikasi aktif masyarakat dengan mengisi parameter aduannya lewat SMS ke 081225888850 yang didahului dengan simbol pagar dan isi parameter yang akan menjadi aduannya,” ujar Anis.

Di balik perkembangan aplikasi ini, Anis menjelaskan ada beragam hambatan seperti jumlah SDM pengelola server di Bagian Humas ini masih terbatas. “Kedua, perangkat komputer yang juga masih terbatas jumlahnya serta kurangnya kepekaan pengelola SMS Center ini di masing-masing OPD. Mungkin dikarenakan kurang beraninya para admin yang memberitahukan aduan masyarakat ke pimpinannya. Biasanya kalau begitu, kami langsung hubungi ke pimpinan OPD terkait agar segera ditindaklanjuti aduan masyarakat tersebut,” ucap Anis, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/5).

Penghambat ketiga yakni kurang familiarnya aplikasi ini di tengah masyarakat sehingga Bagian Humas Setda Grobogan terus berupaya memperkenalkan aplikasi tersebut. Salah satunya dengan sosialisasi dan simulasi yang sudah dilakukan di empat kecamatan tadi.

suarabaru.id/Hana Eswe.