blank
Di jalan R. Suprapto, kantong parkir disiapkan bagi masyarakat di sisi bagian barat dan diatur secara menyudut. Namun, masih ada beberapa kendaraan yang parkir dengan posisi horizontal. Terutama bagi kendaraan besar yang diparkir di depan Swalayan Luwes. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN – Dinas Perhubungan Grobogan melakukan persiapan menjelang hari raya Lebaran 1440 H/2019. Selain melakukan pemeriksaan terhadap kelaikan bus yang akan dipergunakan sebagai armada juga dilakukan persiapan kelengkapan marka dan rambu di beberapa titik.

Kepala Dinas Perhubungan Agung Sutanto mengungkapkan, kelengkapan marka ini diupayakan di titik Jalan Ahmad Yani dan R. Soeprapto. Dikatakan Agung, meski ditengah anggaran yang terbatas, Dishub akan tetap melaksanakan poin kelengkapan marka dan rambu menjelang arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

“Yang penting untuk daerah-daerah atau jalan-jalan yang cukup rawan akan kita upayakan supaya ada marka dan tanda rambu-rambu lalu lintasnya,” ujar Agung, sapaan akrabnya.

Kantong Parkir Menyudut

Pantauan suarabaru.id, tiga pekan menjelang Lebaran di beberapa titik sepanjang Jalan R. Suprapto dipenuhi kendaraan pribadi masyarakat. Khususnya di depan pusat perbelanjaan Luwes dan Surya Laksana. Pasalnya, sudah menjadi tradisi saat bulan Ramadan yakni masyarakat mendatangi pasar swalayan tersebut untuk berbelanja kebutuhan Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

Bahkan, pada saat weekend tiba, volume kendaraan pribadi khususnya roda empat menjadi lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan hari biasa. Areal parkir Gedung Wisuda Budaya yang setiap harinya dibuka untuk parkir pengunjung swalayan Luwes tidak ditemukan kantong yang kosong. Hal tersebut berakibat banyaknya mobil yang diparkir dua lajur di depan swalayan tersebut.

“Mestinya parkir dua lajur tersebut tidak boleh karena terlalu banyak menggunakan badan jalan sehingga mengganggu kelancaran lalin. Ke depan, parkir di R. Suprapto akan diatur menyudut sehingga mampu menampung volume parkir yang lebih banyak,” tutup Agung, saat dikonfirmasi, Rabu (15/5).

suarabaru.id/Hana Eswe.