Bagikan
Jamaah melaksanakan donor darah usai shalat tarawih, (Humas pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Kegiatan tarawih keliling (tarling) bersama Wali Kota Magelang  yang diselenggarakan pemkot bersama OPD terkait,  juga diisi dengan kegiatan  donor darah yang dilaksanakan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang.
Bertempat di Masjid Nurul Islam Karet,  Jurangombo Kecamatan Magelang Selatan Senin malam (13/5), sebanyak 13  orang mendonorkan darahnya.

‘’Pendonor adalah para jamaah usai melaksanakan shalat tarawih. Kegiatan itu merupakan upaya UDD PMI Kota Magelang  agar persediaan Darah  di UDD PMI di bulan Ramadan bisa tercukupi untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan darah,’’ kata dokter dr Bramantyo Agngga Kesuma, Kepala UDD PMI Kota Magelang, Selasa (14/5).

Selain itu, untuk antisipasi kekurangan stok darah pada bulan puasa, PMI Kota Magelang melakukan terobosan dengan mengadakan kegiatan ‘Doorprize Donor Ramadan 2019’. Kegiatan itu dilaksanakan 1 April hingga 30 Juni 2019.

‘’Sejak 1 April hingga hari ini tercatat seribu lebih orang  mendonorkan darahnya,’’ ujar Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono.

Mantan Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang itu menerangkan, dalam penyediaan stok darah, tantangan terbesar bagi Unit Donor Darah (UDD) PMI adalah menyediakan darah dalam jumlah yang cukup namun tidak berlebihan dengan angka yang konsisten setiap bulan.

Menurutnya, hal itu menjadi tantangan. Karena pada waktu-waktu tertentu jumlah pendonor dapat menurun secara signifikan, yang berdampak langsung kepada kemampuan UDD PMI untuk menyediakan produk darah.

‘’Penurunan angka kunjungan pendonor darah terutama paling besar selama bulan puasa hingga dua minggu setelah Hari Raya Idul Fitri. Keadaan seperti ini dialami UDD PMI di semua darah,’’ tuturnya.

Sumartono yang sehari-hari menjabat Inspektur Inspektorat Kota Magelang mengemukakan, menyikapi kondisi seperti itu, PMI Kota Magelang menyiapkan beberapa langkah antisipasi untuk tetap mempertahankan stok darah dalam jumlah yang cukup selama puasa hingga pasca Lebaran.

‘’Karena itulah kami menyelenggarakan kegiatan ‘Doorprize Donor Ramadan 2019’ yang direncakan rutin diadakan setiap tahun,’’ ujarnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here