Bagikan

SEMARANG – Di era persaingan global dewasa ini, penguasaan terhadap bahasa asing khususnya bahasa Inggris menjadi hal yang penting. Indonesia dituntut untuk bisa bersaing dengan negara-negara lain dalam berbagai bidang. Maka demi beradaptasi dengan perkembangan zaman yang semakin maju, peningkatan sumber daya manusia harus diutamakan.

Seperti kita ketahui dengan semakin  canggihnya arus barang dan informasi  maka persaingan antar negara semakin dinamis dan kompetitif, tidak hanya dibidang ekonomi akan tetapi era pasar bebas ini menuntut kita untuk mampu bersaing di berbagai bidang. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menentukan kemampuan suatu bangsa untuk survive dalam persaingan era modern ini.

Penggunaan bahasa internasional khususnya Bahasa Inggris menjadi sangat penting untuk dapat beradaptasi dan mengikuti arus perkembangan global yang semakin maju. Karena Bahasa Inggris telah diakui dan disepakati Internasional sebagai bahasa resmi yang digunakan secara universal baik dalam dunia teknologi, pendidikan, ekonomi politik, budaya dan berbagai bidang lainya. Melihat kondisi tersebut, memiliki kemampuan berbahasa Inggris akan menjadi nilai tambah untuk bersaing di kancah Internasional.

 

Ilmu Komunikasi

John Lennon seorang pentolan grup music The Beatles pernah menyatakan bahwa “the miracle today is communication”. Kini, perkembangan teknologi di bidang komunikasi telah mengantarkan manusia pada dunia tanpa batas, sehingga kemudian seolah-olah kita tinggal di sebuah global village (desa global) dimana satu sama lain dengan mudah saling mengenal dan berinteraksi. Kondisi ini telah memunculkan beragam peluang sekaligus memberikan tantangan bagi mereka yang kreatif. Dengan kreatifitas yang dimiliki, mereka akan bisa membuat dan menyajikan pesan komunikasi dalam berbagai bentuk seperti desain grafis, gravity, fotografi, broadcasting, pembuatan film, iklan, untuk berbagai platform media (elektronik, online dan cetak).

Tak heran bila ekonomi kreatif yang lahir dari perkembangan teknologi komunikasi hanya akan menjadi milik mereka yang punya kreatifitas. Abad kreatif adalah milik generasi kreatif. Nah, dalam abad yang seperti ini, akankah kita hanya akan menjadi penonton, atau mengambil peluang?. Sungguh sayang jika kita cuma jadi penonton. Untuk itu, ayo ambil peran, menjadi yang terdepan dan jadilah generasi yang kreatif.

Dalam rangka menghadapi tantangan dan peluang sebagaimana disebutkan di atas, maka prodi Ilmu Komunikasi Unissula menjalankan berbagai strategi dan kebijakan yang ditujukan pada pengembangan pemahaman dan skill komunikasi secara kreatif dan komprehensif bagi para lulusannya, tentunya yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di bidang komunikasi. Untuk itu prodi Ilmu Komunikasi menawarkan dua konsentrasi peminatan yang dapat dipilih, yaitu marketing communications (marcom) dan jurnalistik penyiaran (broadcasting journalism).

Fakultas Bahasa Dan Ilmu Komunikasi (FBIK) Unissula saat ini memiliki tiga pilihan program studi, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris (S1) yang terakreditasi B, Sastra Inggris (S1) yang terakreditasi A, dan Ilmu Komunikasi (S1) yang terakreditasi B. Ketiganya memiliki kualifikasi sebagai berikut:

  1. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berorientasi pada penyiapan calon – calon guru mata pelajaran Bahasa Inggris baik di tingkat dasar maupun tingkat menengah. Dengan demikian, disamping ketrampilan berbahasa, mahasiswa pada program studi ini akan belajar mengenai hal – ikhwal pembelajaran dan pengajaran seperti filsafat pendidikan, pengembangan kurikulum, pengujian ketrampilan berbahasa dan lain-lain.

  1. Prodi Sastra Inggris

Program Studi Sastra Inggris berorientasi pada penyiapan mahasiswa untuk menjadi ahli bahasa (linguist) yang menguasai baik ketrampilan berbahasa maupun ilmu-ilmu bahasa dan sastra. Dengan demikian, disamping ketrampilan berbahasa, mahasiswa pada program studi ini akan belajar tentang ilmu linguistik seperti sosiolinguistics, psycholinguistics, discourse, prosa, puisi, psikologi sastra dan sebagainya. Karena yang akan dicapai adalah ketrampilan berbahasa, maka sebagian besar perkuliahan – khususnya mata kuliah language skills– lebih menekankan pada praktik.

Prodi Pendidikan bahasa Inggris dan Sastra Inggris mengkedepankan sistem pembelajaran yang menarik dengan jumlah satuan kredit semester (SKS) sebanyak  149 SKS untuk prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan 147 SKS untuk prodi Sastra Inggris. Sistem pembelajaran  yang mengkedepankan kenyamanan dengan format kelas kecil, mahasiswa per satu kelas 25-30. Memiliki program khusus percepatan penguasaan bahasa Inggris bagi mahasiswa baru selama dua semester. Menyelenggarakan berbagai training untuk mahasiswa terkait dengan public speaking, entrepreneur, karya sastra, bisnis dan lembaga khusus. Mempersiapkan alumni agar lekas terserap di dunia kerja dengan mengembangkan management dan job seeking training, training untuk menghadapi pasar dunia kerja.

  1. Prodi Ilmu Komunikasi

Prodi Ilmu Komunikasi menawarkan dua konsentrasi yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu: konsentrasi marketing communication. Konsentrasi ini dikhususkan untuk mahasiswa yang tertarik di bidang komunikasi strategis Public Relations, periklanan, marketing, management event.  Marketing communication sangat cocok untuk mereka yang menyukai tantangan, kaya dengan ide-ide kreatif untuk meningkatkan reputasi organisasi.

Konsentrasi broadcasting journalism. Konsentrasi ini dibuka untuk mahasiswa yang menyukai bidang jurnalistik, baik untuk media cetak, elektronik maupun online. Mahasiswa yang mengambil konsentrasi ini dituntut untuk mampu menyampaikan berita tidak hanya melalui satu platform saja, tetapi harus bisa mengabarkan berita melalui multi platform. Untuk lulus dari prodi ini mahasiswa harus menempuh kuliah 144 SKS selama delapan semester.

 Keunggulan

Membuka kesempatan seluas luasnya kepada para mahasiswanya untuk ikut berperan aktif dalam berbagai kegiatan akademik, seni dan budaya di berbagai negara di dunia. Sehingga tidak mengherankan jika para mahasiswa Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi tercatat sebagai salah satu fakultas yang paling sering mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti berbagai agenda akademik maupun non akademik ke luar berbagai negara seperti pertukaran mahasiswa, festival seni dan budaya, konvensi, konferensi, maupun kompetisi  serta kuliah kerja lapangan (KKL) di berbagai negara. Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi juga memiliki jaringan kerjasama yang sangat luas baik di level nasional maupun internasional yang dapat menunjang proses belajar mengajar secara maksimal bagi putra putri bangsa.

Fakultas ini memiliki berbagai keunggulan antara lain: laboratorium bahasa representative, ruang teater, laboratorium multimedia, laboratorium microteaching, perpustakaan, hall/ ruang seminar, ruang lobby dan display karya mahasiswa, ruang promosi, ruang meeting, laboratorium televisi, laboratorium radio online, laboratorium fotografi, laboratorium PR dan advertising, ruang kuliah ber AC dll.

Kerjasama

Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi bekerjasama dengan beberapa sekolah dalam rangka penerjunan mahasiswa PPL dan pengabdian masyarakat, di antaranya MAN Demak, SMA N 2 Demak, SMK Sultan Fattah, SMA N 1 Karang Tengah, SMK N 1, 2 Demak, SMA Islamic Centre Sultan Fattah, MA NU Demak, SMK N 1 Demak, SMA N 8 Semarang, SMA N 2 Semarang, SMA Sultan Agung 1, 3 Semarang.

Adapun lembaga-lembaga bahasa seperti Primagama, LPK Aishiro Gakuen, Radio UNISA, BF Institute, BBC, Yayasan Dejavato, MGMP Bahasa Inggris MA se-Kabupaten Demak, Kampung Inggris Semarang,serta beberapa kampus Unisbank, UNISNU, STAINU, STAI Yapata Al Jawani, Dongseo University, Universiti Kebangsaan Malaysia.

Untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran di prodi Ilmu Komunikasi Unissula, fakultas ini juga menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga antara lain: YPMA  untuk memberikan sosialisasi dan media literacy. MCIC. Asia Pacific Institut for Broadcasting Development (AIBD) sebuah lembaga tempat berhimpunnya pengelola dan lembaga penyiaran se Asia Pasifik, untuk mengupdate perkembangan ilmu dan praktik di dunia penyiaran pa da khususnya dan komunikasi pada umumnya. Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi  (ISKI) untuk penerbitan dan penulisan jurnal ilmiah. Magister Manajemen Komunikasi Trisakti. Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah, untuk dalam melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya melakukan penelitian dan advokasi di bidang penyiaran dan media literacy. Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Indonesia. Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara. London School of PR Jakarta.

 Prospek Lulusan

Prodi pendidikan Bahasa Inggris menyiapkan para mahasiswa menjadi  calon – calon guru mata pelajaran Bahasa Inggris baik di tingkat dasar maupun tingkat menengah. Dengan demikian, disamping keterampilan berbahasa, mahasiswa pada prodi ini akan belajar mengenai hal – ikhwal pembelajaran dan pengajaran seperti filsafat pendidikan, pengembangan kurikulum, pengujian ketrampilan berbahasa dan lain-lain.

Sementara pada prodi  Sastra Inggris para mahasiswa dipersiapkan menjadi ahli bahasa (linguist) yang menguasai baik keterampilan berbahasa maupun ilmu-ilmu bahasa dan sastra. Dengan demikian, disamping ketrampilan berbahasa, mahasiswa pada program studi ini akan belajar tentang ilmu linguistik seperti sosiolinguistics, psycholinguistics, discourse, prosa, puisi, psikologi sastra dan sebagainya. Karena yang akan dicapai adalah ketrampilan berbahasa, maka sebagian besar perkuliahan– khususnya mata kuliah language skills- lebih menekankan pada praktik.

Lulusan prodi Ilmu Komunikasi dapat menjadi entepreneur maupun praktisi di bidang komunikasi yang dibagi menjadi 2 spesialisasi: Marketing Communication dan Broadcasting Jurnalistik. Di bidang Marcom, lulusan Ilmu Komunikasi dapat bekerja sebagai public relation/ humas, advertising/ periklanan, marketing planner, Event Organizer, Account Excecutive, dan Media Planner. Adapun di bidang Broadcasting journalistic, lulusan dapat mengambil profesi jurnalis TV, radio, news anchor/ pembaca berita, presenter, reporter, TV programmer, fotografer, dll.

Melalui tiga prodi tersebut mereka memiliki peluang besar dalam berbagai bidang pekerjaan antara lain guru, PNS, Ahli bahasa dan Sastra Inggris, penulis, sastrawan, kritikus sastra, translator, instruktur di lembaga kursus bahasa Inggris, hingga jurnalis.

Mahasiswa dan mahasiswi FBIK Unissula juga keren keren lho karena mampu mengukir berbagai prestasi membanggakan. Berbagai prestasi selama 2018 antara lain: Juara Harapan II Duta Santri Nasional, Rohmaniah. Meraih Medali Perak,pada Lomba Paduan Suara di USM 28 April, Tim Firdaus Choir. Mahasiswa FBIK mengikuti Asian Summer Programme ke Dongseo University 7-28 Juli. Meraih Perunggu Tarung Derajat  Porprov Surakarta 19-25 Oktober,  Alfi Maslahatin. Meraih 2 Emas, Lomba Paduan Suara, di Malaysia, 7-12 November, Tim Firdaus Choir. Tuh keren kan.

Mari ambil kesempatan kuliah istimewa di prodi prodi Fakultas Bahasa dan Komunikasi Unissula. Info pendaftaran www.pmb.unissula.ac.id  hotline 08122011062.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here