blank
Ketua PMI Kota Magelang Sumartono (berdiri) menyaksikan kegiatan donor darah oleh warga GKJ Plengkung, Kota Magelang, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Menyambut HUT Ke 49 Gereja Kristen Jawa (GKJ) Plengkung,  Kota Magelang pada 21 Mei 2019, warga gereja tersebut menyelenggaakan kegiatan donor darah bekerja sama dengan PMI setempat.

‘’Selain itu, kegiatan donor darah juga bertujuan untuk membantu PMI Kota Magelang  mencukupi ketersediaan darah selama bulan Ramadan ini,’’ kata  Ketua Panitia HUT Ke  49 GKJ Plengkung, Wiedyas Cahyono, Senin (13/5).

Menurutnya, kegiatan tersebut juga sebagai salah satu bakti sosial warga GKJ Plengkung untuk menambah rasa kepedulian terhadap sesama. Kegiatan donor darah yang juga bekerja sama dengan Komisi Pemerhati GKJ Plengkung tersebut, diikuti oleh 28 orang yang mendaftarkan diri. Namun yang bisa mendonorkan darahnya sebanyak 21 orang.

‘’Jumlah pendonor dari warga GKJ Plengkung ini meningkat hampir 100 persen dari aksi donor darah yang rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali. Sebelumnya hanya sekitar 11 orang yang donor, sekarang mencapai 21 orang,’’ tuturnya.

Wiedyas menerangkan, selain aksi donor darah, GKJ yang berlokasi di Jalan Piere Tendean Nomor 4 juga akan melakukan kegiatan berbagi kasih kepada saudara-saudara umat Islam  dari kalangan kurang mampu, yakni membagikan takjil.

‘’Kami telah merencanakan akan membagikan sekitar 100 buah takjil secara  cuma-cuma kepada tukang becak, pemulung, tukang sampah , tukang sapu jalan dan lainnya,’’ ujarnya.

Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono menyambut positif aksi kemanusiaan yang dilaksanakan oleh warga GKJ Plengkung untuk membantu PMI Kota Magelang dalam menyediakan kebutuhan darah.

Untuk mencukupi kebutuhan darah selama bulan Ramadani, PMI Kota Magelang melakukan berbagai terobosan. Seperti mengadakan kegiatan  ‘Doorprize Donor Ramadan 2019’ yang berlangsung sejak 1 April hingga 30 Juni 2019.

Juga melakukan donor darah saat berlangsunnya tarawih keliling yang dilakukan jajaran Pemkot Magelang bersama dengan forum pimpinan daerah setempat di tiga kecamatan di Kota Magelang.

Sumartono yang menjabat Inspektur Inspektorat Kota Magelang menambahkan, saat ini ketersedian darah di UDD PMI Kota Magelang  untuk golongan darah A sebanyak 28 kantong, golongan darah B (33 kantong), golongan darah O (42 kantong) dan golongan darah AB sebanyak 17 kantong.

‘’Jumlah ketersediaan darah di UDD PMI Kota Magelang tersebut tergolong sedikit. Karena selain untuk melayani darah untuk di RSUD Tidar Magelang sebanyak 600 kantong per bulannya, PMI Kota Magelang juga menjadi tujuan dari daerah sekitarnya  seperti Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang dan sekitarnya untuk mendapatkan darah,’’ ungkapnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono